Sukses

Sering Merasa Gelisah? Terapkan 6 Langkah Ini untuk Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Menunggu hasil jawaban ujian atau lamaran kerja, kehilangan barang-barang berarti, ketahuan berbohong, bertemu dengan pasangan setelah sekian lama terpisahkan oleh jarak, semua hal ini tentunya membuat siapa pun yang mengalaminya larut dalam kegelisahan.

Saat seseorang gelisah, dirinya akan kesulitan untuk mengendalikan segala bentuk gerakan atau apa pun yang ia lakukan. Umumnya, mereka akan terlihat gerah, ketar-ketir, berjalan ke sana kemari, tidak bisa diajak berkomunikasi, tidak bisa diam, seperti kesusahan bernapas atau sesak, sering mengeluh yang biasanya berujung dengan isak tangis dan perilaku mencemaskan serupa lainnya.

Mengatasi kegelisahan sangatlah penting karena jika tidak diatasi, orang tersebut berpotensi untuk membuat keputusan yang salah atau tidak baik bagi dirinya sendiri. Ini dikarenakan dirinya terlalu tergesa-gesa dan panik saat dihadapi masalah.

Terlebih lagi, membiarkan diri kita selalu gelisah pasalnya akan menyebabkan ketidakseimbangan pada hormon penderitanya. Dari situ, timbulnya penyakit kejiwaan seperti bipolar disorder dan scizophrenia.

Melansir Health Line, Senin (10/10/2016), berikut cara bantu diri melawan kegelisahan saat tidak ada orang lain yang bisa membantu Anda.

1.Tarik napas panjang, keluarkan lewat mulut selama 2 menit.
2.Menutup mata, hitung dari 10 ke 1, bukan sebaliknya.
3.Minum air putih langsung dua gelas namun secara perlahan-lahan
4.Tatap diri di kaca dan katakan pada diri Anda bahwa semua sebetulnya baik-baik saja dan diri Anda yang menanggapinya terlalu berlebihan
5.Pasang lagu atau musik yang enak dan menenangkan untuk didengar seperti lagu-lagu aliran jazz
6.Tatap benda berwarna hijau atau cari lokasi di mana banyak dedaunan hijau. Ini dikarenakan warna tersebut dipercaya bisa menyegarkan hati, jiwa dan raga.