Sukses

Cara Menyemangati Orang Terdekat yang Sedang Sakit Kanker

Membicarakan hal seputar kanker memang sangat sensitif, terutama jika dilakukan dengan seorang penderita.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang senang mendengar kata kanker. Penyakit ini mengintai siapa saja, baik pria maupun wanita di segala usia. Penyebab kanker yang sebetulnya sejauh ini belum ditemukan lantaran banyak dari penderitanya merupakan orang-orang yang nyatanya menjalankan hidup sehat dan juga tidak memiliki keturunan genetik penyakit tersebut,

Pada umumnya, mereka yang tersiksa lantaran mengidap penyakit ini akan mengalami perubahan drastis pada fisik dan mentalnya. Upaya penyembuhan total memang sangat sulit. Ini dikarenakan tidak hanya lewat bantuan medis, namun bantuan moral dari orang terdekat sang penderita diperlukan.

Memang tidak mudah memotivasi dan menyemangati mereka yang sedang mengalami kondisi tersebut. Namun, jika orang terdekat Anda mengalaminya, maka untuk membuatnya bertahan dan selalu semangat untuk sembuh adalah dengan memberikan bantuan moral yang tepat.

Mengetahui betapa sensitifnya obrolan seputar penyakit kanker untuk para penderita, orang terdekat harus menerapkan strategi yang lebih baik, efektif dan nyaman di hati pasien agar dirinya tidak semakin larut dalam kesedihan dan perasaan sengsaranya.

Ini sejumlah taktik yang Anda bisa lakukan sebagai bantuan moral untuk orang terdekat yang sedang menderita penyakit kanker, seperti dimuat di laman Everyday Health, Senin (10/10/2016).

1.Temani dirinya ke dokter untuk mengecek agar ia merasa dipedulikan dan tidak sendirian melalui masa beratnya.
2.Menjadi pendengar yang baik, biarkan dirinya keluarkan semua keluhan dan emosinya kepada Anda agar hatinya senantiasa lebih lega.
3.Ajak dirinya main kartu, catur atau permainan lainnya yang tidak menguras energi dari fisiknya namun bisa membantu mengalihkan pikirannya dari kejenuhan dan kecemasan akan penyakitnya.
4.Cek di internet soal mereka yang selamat dan berhasil melawan kanker lalu bacakan seperti dongeng kepada si penderita sebelum ia tidur.
5.Saat berbicara gunakan intonasi nada rendah dan suara yang nyaman didengar di telinganya
6.Ceritakan sebuah lelucon yang Anda yakin bisa membuatnya tertawa.
7.Sesekali berikan sang penderita kado agar ia bahagia merasa seolah ia sedang berulang tahun
8.Nyanyikan lagu-lagu yang berisikan lirik pembangun motivasi jiwa.
9.Katakan pada dirinya bahwa Anda akan selalu berada di sampingnya apa pun yang terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.