Sukses

12 Alasan Kenapa Anda Harus Menikah

Liputan6.com, Jakarta Ukuran kebahagiaan seseorang memang tidak bisa diukur dengan menikah atau tidaknya seseorang. Namun menurut pakar hubungan, Dr Charles dan Dr. Elizabeth Schmitz, sejumlah penelitian justru menemukan manfaat menikah.

"Selama bertahun-tahun, kami telah mengidentifikasi banyak manfaat dari pernikahan. Salah satu fakta bahwa pernikahan telah menjadi indikator penting dari kehidupan pribadi yang sukses di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, kata Charles, seperti dilansir Your Tango, Sabtu (8/10/2016).

Pernikahan juga, kata dia, merupakan penyumbang terbesar dalam tatanan sosial di planet bumi dan komitmen paling mendalam untuk cinta abadi. Mereka yang mempertanyakan pentingnya menikah berarti mengabaikan fakta-fakta.Menariknya, dalam sebuah penelitian, sekitar 75 persen (tiga perempat) dari orang-orang yang menikah hari ini ternyata berjodoh dengan teman kerja dan sekolah, teman dekat, keluarga, gereja (tempat ibadah). Hanya 20 persen yang menikah melalui cara lain atau situs kencan online.

Setelah review panjang dari penelitian mengenai manfaat pernikahan, Charles dan Scmitz menemukan 12 alasan mengapa seseorang harus menikah.

1. Anda akan hidup lebih lama

Penelitian menunjukkan, pernikahan akan membuat hidup Anda lebih lama.

2. Anda akan lebih sehat

Hubungan pernikahan juga akan menjalin kesehatan fisik antar masing-masing individu.

3. Anda akan lebih bahagia

Orang yang menikah jauh lebih bahagia dibanding orang yang tidak menikah.

4. Rendahnya risiko kelainan jiwa

Penelitian menunjukkan, orang yang menikah memiliki risiko rendah terkena masalah psikologis, seperti depresi dan skizofrenia

5. Memiliki pendukung

Poin penting ketika seseorang menikah adalah dia memiliki pasangan yang akan mendukung penuh keputusan Anda. Penelitian menunjukkan, pasangan yang menikah mengatakan kalau mereka bisa berbagi perasaan dan pikiran mereka tentang apapun.

6. Kurangnya penyalahgunaan obat-obatan atau alkohol

Sejumlah penelitian menunjukkan, seseorang yang menikah berisiko rendah dalam hal penyalahgunaan obat-obatan atau alkohol karena rasa tanggung jawab mereka.

7. Penghasilan akan lebih besar

Percaya atau tidak, tuntutan rumah tangga membuat pasangan yang menikah memiliki penghasilan secara signifikan lebih besar daripada orang yang belum menikah.

8. Anda akan menghemat lebih banyak uang

Di Amerika Serikat individu yang menikah di usia 50-an dan 60-an memiliki kekayaan bersih per orang kira-kira dua kali lipat dari individu yang belum menikah.

9. Anda akan berhubungan seks lebih sering dan lebih menikmatinya

Ini penting mengingat ada banyak manfaat berhubungan seks.

10. Generasi penerus

Studi menemukan, orang yang menikah memiliki anak-anak yang lebih sehat, cerdas, dan kurangnya masalah emosional.

11. Usia 18-34 tahun dinilai paling ideal untuk menikah

Peningkatan terbesar ketikan seseorang memutuskan untuk menikah adalah 25-34 tahun.

12. Pernikahan dianggap simbol sukses

Dari penelitian yang ada disebutkan bahwa pernikahan sekarang dianggap sebagai indikator dari kehidupan pribadi yang sukses.

Menurut Hollingsworth v. Perry, indikator ini terkait dengan banyak alasan kuat bagi seseorang untuk membangun cinta dan kehidupan selama puluhan tahun mendatang.