Sukses

Ini Cara Agar Mental tak Ciut Saat Ikuti Kompetisi

pemenang Abang Jakarta 2016, Taufik Hidayat, memberikan tipsnya agar mental tak ciut saat ikut kompetisi

Liputan6.com, Jakarta Mental yang ciut, mungkin sering terjadi saat kita sedang mengikuti suatu ajang kompetisi. Ternyata, hal ini juga sempat dialami oleh pemenang Abang Jakarta 2016, Taufik Hidayat, saat mengikuti kompetisi tersebut. 

Pasalnya, peserta yang mengikuti ajang ini totalnya mencapai 1.200 orang dari seluruh Jakarta dan berasal dari berbagai universitas, sehingga sempat membuat mentalnya turun akibat banyaknya saingan.

“Jujur pas saya masuk sini (abang none), ketemunya orang dari UI dan ITB, jadi enggak usah ditanya sudah pasti smart lah ya, itu yang bikin down,” ungkapnya saat berkunjung ke redaksi Liputan6.com, ditulis Minggu (9/10/2016).

Taufik yang merupakan mahasiswa Universitas Indonesia jurusan Kimia dan tengah menyelesaikan skripsi mengaku kalau dirinya tak lebih baik dari peserta lain. Hingga akhirnya dia menanyakan kembali tujuan dirinya mengikuti Abang None Jakarta 2016.

“Kalau lagi down gitu ya balikin lagi aja, tujuan kita ke sini apa, apakah untuk menang? Atau untuk selempang? Atau memang untuk melakukan aktivitas positif, mencari link, atau kegiatan sosial?,” ujarnya.

Menurutnya, jika terlalu ambisius untuk menjadi seorang pemenang, hal ini malah akan semakin membebani mental kita.

“Ya kalau emang tuntutannya pengin nyari selempang, pasti akan down banget, mental pasti jatuh. Tapi kalau memang tuntutannya adalah ‘saya di sini pengin nambah teman, nyari link segala macam’, kita enggak akan down,” tuturnya.

Untuk itu, Taufik pun memberi tips agar bisa mengikuti kompetisi di waktu mendatang. "Jalani dengan santai, tapi serius. Sersan lah," pungkasnya tersenyum

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini