Sukses

Lensa Kontak Ini Bisa Uji Glukosa dalam Darah

Teknologi terbaru pembuatan lensa kontak yang bisa menguji glukosa dalam darah

Liputan6.com, Jakarta Teknologi yang semakin berkembang tampaknya semakin berdampak baik, terutama untuk penelitian di bidang kesehatan. Bahkan ilmuwan di Amerika Serikat berhasil membuat temuan terbaru berbentuk lensa kontak yang bisa mengukur kadar glukosa darah. 

Wei Chuan Shih, bersama tim peneliti dari University of Houston, sedang menguji sebuah perangkat baru berbentuk lensa kontak yang berfungsi untuk mengukur kadar glukosa dalam darah melalui air mata.

Menurut peneliti tes lensa kontak ini menjadi pendekatan alternatif baru yang berbeda. Awal mula metode baru ini dikembangkan oleh mahasiswa asal Massachusetts Institute of Technology.

Peneliti membuat perangkat kecil yang berasal dari beberapa lapisan emas yang dioptimalkan dengan penggunaan Spektroskopi Raman salah satu jenis alat sains. Kegunaannya untuk mendeteksi sampel molekul kecil pada mata, perangkat ini akan bekerja untuk meningkatkan sifat penginderaan yang mengintensifkan sinyal dari Raman, kata para peneliti.

Dengan teknologi ini, para ilmuwan yakin bahwa perangkat tersebut dapat menguji kadar glukosa dari sampel air mata. Sayangnya, sejauh ini lensa kontak baru memasuki proses pengujian dan harus dilakukan penilaian lebih lanjut oleh para dokter untuk penggunaan secara langsung ke depannya, dkutip dari laman India Times, Jumat (7/10/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini