Sukses

Begini Cara Hilangkan Bintik Putih di Kuku

Bintik putih di kuku biasanya tidak berbahaya untuk kesehatan, tapi mungkin bisa membuat kuku jadi tidak menarik untuk dilihat.

Liputan6.com, Jakarta Bintik putih di kuku, meski tidak berbahaya untuk kesehatan Anda, bisa membuat kuku jadi tidak menarik untuk dilihat. Jadi, bagaimana cara menghilangkannya?

Anda bisa melakukan beberapa perawatan rumahan atau memakai produk alami yang dijual di toko obat untuk menghilangkan bintik putih di kuku. Biasanya produk-produk tersebut berupa obat topikal atau oral yang bisa digunakan tanpa resep dokter.

Namun lebih baik dan jika memungkinkan, cobalah berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan, untuk mencari tahu dan memastikan apa yang menyebabkannya. 

Dilansir dari Md-health, Jumat (7/10/2016), di bawah ini adalah beberapa cara menghilangkan bintik putih di kuku, mulai dari perawatan di rumah hingga perawatan medis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perawatan di rumah

1. Jika bintik putih disebabkan oleh kekurangan vitamin atau mineral, mungkin Anda perlu meningkatkan asupan nutrisi dalam diet Anda. Selain itu, Anda juga bisa meminum beberapa suplemen atau multivitamin sesuai anjuran dokter untuk mengobati jika ada gejala lain yang menyertainya.

2. Hal terbaik yang bisa dilakukan di rumah, yaitu menunggu kuku hingga memanjang sehingga bintik putih di kuku bisa Anda potong nanti. Jangan lupa gunakan gunting kuku dan alat kikir yang bersih.

3. Jangan pernah memotong atau mendorong kutikula ke arah dalam (seperti saat manicure) terlalu agresif, karena ini dapat menimbulkan trauma pada kuku sehingga akhirnya menyebabkan bintik putih pun muncul.

4. Lembapkan kuku secara teratur menggunakan body lotion, agar mereka tidak mudah mengalami perubahan warna.

5. Gunakan cat kuku untuk menutupi bintik putih hingga kuku memanjang, hingga Anda bisa memotongnya nanti. Namun perlu diingat, jangan pakai cat kuku terus-menerus tanpa memberikan kuku Anda waktu untuk bernapas. Pasalnya, jika kuku tak mendapatkan oksigen, maka bintik putih juga tidak akan menghilang.

3 dari 3 halaman

Perawatan medis

1. Jika bintik putih disebabkan oleh jamur, coba pakai krim anti-jamur untuk mengobatinya. Produk anti-jamur tersebut harus diterapkan pada kuku dan kulit di sekitarnya satu kali sehari.

2. Jika bintik putih tak kunjung menghilang dalam beberapa minggu, coba konsultasikan dengan dokter kulit untuk perawatan lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.