Sukses

Wanita Haid Perlu Ganti Pembalut 3 Jam Sekali, Kenapa?

Saat haid atau menstruasi, sebaiknya Anda mengganti pembalut dalam tiga atau empat jam sekali.

Liputan6.com, Jakarta Saat haid atau menstruasi, sebaiknya wanita mengganti pembalut dalam tiga atau empat jam sekali. Bukan tanpa alasan, selain untuk mencegah banyaknya darah yang keluar, juga untuk mencegah pertumbuhan bakteri di vagina.

Begitu disampaikan dokter spesialis kandungan, Liva Wijaya, SpOG di sela-sela acara temu media di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

"Walaupun darah sedikit, ganti saja pembalut sesering mungkin. Karena saat menstruasi, selain darah, ada cairan vagina yang membuat organ wanita lebih lembap dan menjadi tempat hidup mikroorganisme," katanya.

Menurut dokter yang berpraktik di RS Mitra Kemayoran tersebut, daerah vagina menjadi lebih lembap karena terjadi perubahan hormon dan asam (pH). 

Untuk menjaga kesehatan kewanitaan saat risiko infeksi meningkat terutama saat periode menstruasi, sebaiknya para wanita membersihkan organ kewanitaan secara teratur dengan cara membasuh organ intim dari depan ke belakang dan dikeringkan dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.