Sukses

Kecepatan Waktu Jadi Kunci Pengobatan Stroke

Tidak sedikit masyarakat yang menyadari bahwa kesehatan saraf perlu diwaspadai sejak usia dini.

Liputan6.com, Jakarta Tidak sedikit masyarakat yang menyadari bahwa kesehatan saraf perlu diwaspadai sejak usia dini. Minimnya kesadaran masyarakat dapat berdampak serius, misalnya terjadi sumbatan pembuluh darah bisa mengakibatkan gangguan suplai darah ke otak, seperti stroke.

Begitu disampaikan dokter spesialis neurologis dari RS Siloam TB Simatupang (Stroke Unit), dr. Peter Gunawan Ng, SpS, FAf Neurologir. 

“Jika kita bicara stroke, kita bicara waktu”, katanya, melalui siaran pers, Kamis (6/10/2016).

Perlu diketahui, stroke merupakan penyebab kecacatan atau disabilitas nomor satu di Indonesia. Stroke merupakan gangguan fungsi otak atau gangguan suplai darah ke otak secara mendadak, disebabkan semata-mata oleh gangguan pembuluh darah di otak dan dapat mengakibatkan kematian.

Secara umum, ada dua macam stroke, yakni:

1. Stroke Trombholitic atau yang dikenal dengan stroke penyumbatan

2. Stroke Hemoragic atau yang dikenal dengan stroke perdarahan

 

Faktor-faktor risiko terjadinya stroke antara lain:

- Usia. Semakin tua seseorang, risiko serangan stroke makin tinggi

- Tekanan darah tinggi

- Diabetes dan Kolesterol tinggi

- Sleep Apnea (mendengkur)

- Kegemukan (obesitas)

- Gangguan irama jantung. Gangguan irama jantung yakni atrial fibrilosis berisiko 5x lebih besar untuk terjadi stroke.

- Kebiasaan merokok

- Kebiasaan minum Alkohol

 

Gejala Stroke

Masyarakat perlu mengenali gejala stroke yang dikenal dengan F.A.S. T. yakni: Face (Wajah mencong-tidak simetris), Arm (lengan lemas, tidak bertenaga), Speech (Bicara cadel atau pelo) jika menemukan gejala tersebut, ingat TIME (waktu). Segera hubungi ambulans di nomor 1-500-911.

"Golden Hours period pada serangan stroke terjadi hanya tiga sampai empat setengah jam saja. Pada kasus stroke penyumbatan, jika pasien ditangani dengan benar dan cepat, penderita masih bisa terhindar kecacatan atau stroke yang lebih berat," katanya.

Trombolysis merupakan terapi yang akan dilakukan pada golden period stroke, ujar dokter Peter. Disaat itu, tindakan thrombolysis berguna untuk melepaskan sumbatan yang ada di pembuluh darah otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Stroke adalah kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.

    Stroke

Video Terkini