Sukses

4 Makanan Ringan Anjuran Ahli Gizi Sebelum Berolahraga

Jika Anda ingin berolahraga, penting juga untuk memikirkan makanan yang tepat untuk mengisi energi dan tenaga, agar latihan menjadi maksimal

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ingin berolahraga, penting juga untuk memikirkan asupan makanan yang tepat untuk mengisi energi dan tenaga agar latihan menjadi maksimal.

Bila Anda kurang memahami makanan apa saja yang tepat untuk dikonsumsi sebelum berolahraga, berikut ini adalah empat makanan yang dianjurkan oleh ahli gizi, karena mengandung karbohidrat sehat, meningkatkan energi, dan memberikan protein yang baik untuk tubuh, seperti dilansir dari Everyday health, Jumat (7/10/2016):

1. Pisang

“Karbohidrat berkualitas tinggi, merupakan sumber energi terbaik sebelum berolahraga, salah satunya pisang. Pisang tidak hanya mengandung karbohidrat sebagai bahan bakar sebelum latihan, namun juga kaya akan potasium yang membantu mencegah otot kram saat sedang berolahraga, ” ujar ahli gizi, nutrisi, dan kebugaran, Erin Palisnki-Wade.

2. Irisan buah apel dan selai kacang

Makanan ini cocok untuk semua orang yang suka pergi ke gym karena mudah disiapkan, enak, dan cocok dimakan setiap saat.

“Saya sarankan untuk memakan irisan apel dan selai kacang sebelum berolahraga, karena makanan ini mengandung protein dan karbohidrat yang baik,” kata ahli diet dan ahli gizi bersertifikat, Jessica Levinson, RD.

3. Kacang pistachio dan bluberi

Levinson juga merekomendasikan untuk memakan beberapa pistachio dan blueberry sebelum berolahraga. Bahkan menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition, blueberry memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu pemulihan otot setelah berolahraga secara intens.

4. Smoothies

“Smoothies tidak hanya baik untuk meningkatkan asupan karbohidrat Anda, namun juga memastikan bahwa Anda terhidrasi dengan baik sebelum memulai berolahraga. Namun pastikan untuk tidak menambahkan zat manis ke dalamnya,” ungkap Palinski-Wade. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.