Sukses

7 Hal yang Wajib Wanita Perhatikan untuk Organ Intimnya

Dalam menjaga kesehatan organ intim wanita, tujuh hal ini tidak boleh dilewatkan.

Liputan6.com, Jakarta Penting bagi para wanita untuk tidak malu membicarakan kesehatan organ intim mereka. Apalagi vagina yang disebut sebagai mahkota wanita membutuhkan perawatan ekstra agar terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan.

Masalah yang paling umum mengintai vagina adalah aroma yang tak sedap dan masalah keputihan. Lalu bagaimana cara untuk menjaga organ intim wanita selalu sehat?

Melansir laman David Wolfe, ditulis Kamis (6/10/2016) berikut tips yang dapat membantu wanita menjaga kesehatan organ intim yang tidak boleh dilewatkan.

1. Mandi dua kali sehari bukan hanya mampu menyingkirkan aroma tak sedap dari badan, melainkan untuk membuat vagina terhindar dari bakteri dan bau akibat kondisi yang lembab. Terutama usai melakukan aktivitas fisik agar keringat tidak terlalu lama menempel di bagian intim wanita.

2. Gunakan sabun alami seperti sabun yang mengandung bahan-bahan alami untuk menyingkirkan iritasi di organ intim wanita. Jangan juga menggunakan sabun mandi pada bagian dalam vagina sebab dapat merusak pH alami vagina.

3. Basuh dan lap area vagina dengan benar, dengan cara mengusap dari depan ke belakang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 - 7

4. Kenakan pakaian dengan bahan katun dan singkirkan pakaian dalam yang ketat, yang dapat menyebabkan penumpukan bakteri. Dan pastikan untuk tidak mengenakan celana dalam yang sama selama lebih dari 24 jam.

5. Jangan menggunakan segala bentuk pewangi atau parfum di bagian organ intim wanita, termasuk di paha bagian dalam. 

6. Konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur dan hindari mengonsumsi makanan dengan gula yang tinggi, sebab dapat mempengaruhi aroma vagina.

7. Jangan gunakan tisu basah untuk menyingkirkan segala kotoran di area vagina yang dapat merusak kesehatan organ intim wanita.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini