Sukses

10 Fakta Kesehatan Ini Bikin Anda Tercengang

Ada begitu banyak informasi kesehatan yang membingungkan di sekitar kita

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak informasi kesehatan yang membingungkan di sekitar kita. Akhirnya banyak orang menganggap mitos sebagai fakta dan sebaliknya.

Agar lebih jelas, berikut adalah 10 fakta kesehatan yang mungkin akan mengejutkan Anda dilansir dari Realbuzz, Rabu (5/10/2016):

1. Gula sama buruknya dengan rokok

Meskipun gula tidak memiliki stigma yang sama sebagaimana yang melekat pada rokok, kebenarannya adalah makanan manis atau makanan penutup sama buruknya seperti menyalakan sebatang rokok.

Menurut penelitian oleh tim University of California, gula dan rokok bisa merusak tubuh karena keduanya seperti alkohol yang mengganggu sistem kerja mulai dari otak hingga organ. 

2. Satu jam tidur bisa membuat Anda lebih bahagia

Apa yang harus dilakukan untuk membuat Anda lebih bahagia? Sebuah pekerjaan yang lebih baik atau gaji yang lebih besar? Nah, menurut sebuah studi AS yang dilakukan oleh psikolog Daniel Kahneman dan rekan-rekannya, peningkatan pendapatan rumah tangga hanya memiliki sedikit efek bahagia dalam kehidupan. Dalam penelitian lain justru disebutkan kalau mendapatkan satu jam tambahan tidur setiap malam akan membuat Anda lebih bahagia ketimbang mendapatkan gaji sebesar Rp1 milyar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Olahraga tidak akan membuat Anda kurus

3. Olahraga tidak akan membuat Anda kurus

Meskipun banyak orang berolahraga untuk menghilangkan berat badan, namun kenyataannya banyak penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga-- jika tidak dikombinasikan dengan perubahan pola makan, tidak akan membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa ketika sekelompok orang obesitas menyelesaikan 12 minggu latihan kardio diawasi pola makannya, paling tidak mengalami hasil penurunan berat badan yang signifikan. Namun, penting untuk diingat bahwa olahraga tidak menyebabkan penurunan berat badan dengan sendirinya, tapi juga masih memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

4. Permen karet memperkuat otak Anda

Tidak punya waktu untuk minum kopi di pagi hari? Cobalah menggantinya dengan mengunyah permen karet. Para peneliti di Coventry University telah menemukan bahwa permen karet mint secara dramatis bisa menghilangkan rasa lelah. Sementara itu, penelitian terpisah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan nilai tes dan meningkatkan memori hingga 35 persen.

3 dari 4 halaman

Kopi penangkal depresi

5. Kopi dapat menangkal depresi

Kita sering mendengar tentang betapa buruknya kafein bagi kita. Namun, sebuah studi dari Harvard School of Public Health menemukan, bagi perempuan yang minum empat atau lebih secangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko depresi sebesar 20 persen. Sebuah studi sebelumnya lebih dari 80.000 wanita juga mengungkapkan bahwa perempuan yang minum lebih dari dua cangkir kopi sehari sangat jarang melakukan bunuh diri.

6. Menjadi optimis dapat menyelamatkan hidup Anda

Kita semua tahu bahwa berpikir positif dapat memiliki dampak besar pada kebahagiaan Anda, selain itu penelitian juga mengungkapkan, menjadi seorang optimistis dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Temuan penelitian yang dipublikasikan dalam European Heart Journal mengungkapkan bahwa orang optimis sangat jarang yang menderita penyakit jantung, sedangkan para peneliti di Duke University Medical Center menemukan, pasien jantung yang lebih optimis tentang pengobatan mereka hidup lebih lama daripada mereka yang tidak.

4 dari 4 halaman

ATM sekotor toilet

7. ATM sekotor toilet umum

Sedikit dari kita yang mencuci tangan setelah mendapatkan uang dari mesin ATM. Padahal, sebuah studi di Inggris mengungkapkan, ATM ternyata sekotor toilet umum.

Para ahli menilai tombol pada mesin uang mengandung jenis bakteri yang menyebabkan penyakit.

8. Wanita sembilan kali mengalami patah hati

Banyak orang mungkin merasa mereka akan meninggal gara-gara patah hati. Hal ini mungkin tak bisa disepelekan. Menurut penelitian, sindrom patah hati, suatu kondisi di mana pelepasan adrenalin disebabkan oleh syok (sering karena ketakutan yang luar biasa atau rasa sakit) yang dapat menyebabkan gagal jantung. Anehnya penelitian juga menyimpulkan bahwa wanita sampai sembilan kali lebih mungkin menderita kondisi ini.

9. Kurang dari satu persen bakteri sebabkan penyakit

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dikelilingi oleh bakteri. Pada kenyataannya, kulit manusia yang sehat ditutupi sekitar 1.000 spesies yang berbeda dari bakteri. Namun, bertentangan dengan kepercayaan zaman kini, kebanyakan bakterinya tidak berbahaya dan kenyataannya kurang dari satu persen yang menyebabkan penyakit. Selain itu, banyak bentuk bakteri yang sebenarnya baik untuk Anda, termasuk bakteri yang hidup pada kulit Anda dan dalam usus Anda.

10. Peregangan sebelum melakukan sesuatu dapat menurunkan daya tahan Anda

Banyak dari kita telah diajarkan untuk pemanasan sebelum latihan, namun studi terbaru menunjukkan, peregangan sebelum berlari mungkin tidak bermanfaat untuk latihan Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research menemukan bahwa peregangan sebelum latihan berlari membuat tubuh pelari kurang fit sehingga mereka tidak dapat berjalan sejauh mereka yang tidak melakukan peregangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini