Sukses

Ingin Panjang Umur? Mulailah Olahraga Lari

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang mengharapkan umur yang panjang. Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan setiap orang untuk memastikan atau setidaknya mengusahakan agar kesehatan fisik dan mentalnya tetap terjaga sepanjang waktu guna mendapatkan waktu yang lebih lama untuk hidup dan menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat.

Tidak sedikit jumlah orang yang menyarankan agar kita terus mengonsumsi makanan sehat lantaran hal tersebut sudah menjadi kunci utama umur yang panjang. Namun sebetulnya tidak hanya makanan, tetapi juga olahraga juga mampu memberikan kita waktu yang lebih lama untuk hidup sejahtera.

Aktivitas olahraga seperti lari merupakan hal yang dapat membantu Anda hidup lebih lama. Hal ini dibuktikan oleh seorang asisten profesor bidang kinesiologi di Iowa University, Amerika Serikat yang bernama Duck-Chul Lee. Melansir US News, Selasa (4/10/2016), Lee bersama rekan-rekannya melakukan sebuah penelitian pada tahun 2014 kemarin terkait olahraga lari dan gunanya dalam membantu seseorang mendapatkan hidup lebih panjang.

Hasil dari penelitian mereka menunjukkan bahwa mereka yang gemar berolahraga lari cenderung lebih kecil risikonya terkena penyakit kardiovaskular. Minimnya risiko terkena penyakit berarti peluang mereka untuk hidup lebih panjang dan terhindar dari penyakit jauh lebih besar dibandingkan mereka yang tidak suka olahraga lari.

“Banyak hal yang bisa kita raup dari olahraga lari. Khususnya bagi mereka yang sudah berusia lanjut, olahraga lari sangat penting karena mampu bantu manusia mengatasi masalah kesehatan mental dan fisiknya. Jangan pernah berhenti lari karena sekali saja berhenti bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan,” ungkapnya.

Ia kemudian menjelaskan bahwa berolahraga adalah hal yang secara terus-menerus harus dipertahankan lantaran sekali saja berhenti atau tidak dilakukan, hasilnya seolah Anda tidak pernah berolahraga sama sekali.