Sukses

8 Cara Cegah Kebosanan Duduk Seharian di Kantor

Berikut adalah tujuh tips yang akan membantu Anda bekerja lebih sehat dan bahkan bisa meningkatkan produktivitas juga

Liputan6.com, Jakarta Duduk sepanjang hari bisa berbahaya bagi kesehatan, seperti cedera punggung dan carpal tunnel, yaitu kondisi yang mempengaruhi tangan dan jari hingga mengalami sensasi rasa kesemutan, mati rasa, atau nyeri.

Namun ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk meminimalkan risiko penyakit ini. Dilansir dari Purelyb, Rabu (4/10/2016), berikut ada tujuh tips yang akan membantu Anda bekerja lebih sehat sehat, bahkan meningkatkan produktivitas juga:

1. Atur tinggi kursi Anda

Jika tinggi kursi Anda tepat, maka otomatis hal ini akan mengurangi tekanan pada punggung bawah Anda. Untuk menemukan tinggi kursi yang tepat, ketika Anda duduk, atur kursi hingga kaki Anda nyaman dan dapat menapak dengan pas di lantai

2. Simpan barang-barang penting dalam jangkauan Anda

Tempatkan benda-benda penting seperti keyboard, mouse, telepon, bahkan ponsel dalam jangkauan tangan Anda untuk menghindari ketegangan di pundak dan lengan. 

3. Ambil waktu istirahat

Beristirahat sepanjang hari adalah kunci untuk bekerja lebih produktif. Coba istirahat setiap 30 menit dengan berdiri dan meregangkan badan. Ritual sederhana ini akan membantu meredakan ketengan otot dan stres pada tulang belakang.

4. Sempurnakan postur Anda

Postur tubuh yang buruk dapat mencederai punggung dan menyebabkan ketegangan pada otot. Anda bisa dengan mudah memperbaiki masalah ini dengan cara duduk tegak dan menyelaraskan kedua bahu, pinggul, dan leher Anda.

5. Atur layar komputer Anda sesuai dengan tinggi mata

Semakin banyak orang yang saat ini sudah mulai menggunakan laptop untuk bekerja, apalagi laptop bersifat portable, sehingga bisa dibawa kemana-mana. Namun masalahnya, karena laptop bersifat portable, kita dipaksa untuk melihat layar sambil membungkuk, dan seringkali meletakannya di pangkuan kita. Hal ini membuat kita mudah lelah. Tipsnya, tempatkan penyangga agar letak laptop sesuai dengan tinggi mata Anda.

6. Dukung berat lengan Anda

Lengan Anda harus nyaman di meja atau sandaran tangan untuk menyelaraskan tulang belakang dan punggung atas Anda. Karena jika lengan tidak mendapatkan dukungan yang tepat, maka otot leher dan bahu akan tegang. Coba pilih kursi kantor yang memiliki sandaran tangan, ini akan memberikan dukungan tambahan pada lengan Anda.

7. Gunakan meja tinggi yang memaksa Anda untuk berdiri

Meja yang tinggi dan tanpa kursi ini telah dipopulerkan oleh perusahaan teknologi dan sudah digunakan di perpustakaan, ketika Anda ingin mencari suatu buku disana. Meja ini sangat baik untuk kesehatan fisik Anda, karena secara alami dapat menjaga postur tubuh yang baik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.