Sukses

8 Cara Tetap Semangat Sepanjang Hari Tanpa Kafein

Berikut adalah delapan cara untuk mengisi ulang energi Anda agar tidak habis, tanpa kafein

Liputan6.com, Jakarta Tingkat energi mulai turun, bukan berarti Anda harus meminum kopi agar tetap terjaga. Sebenarnya, ada cara lain selain kafein yang bisa membantu Anda tetap semangat dan ceria sepanjang hari.

Dilansir dari Womenshealthmag, Selasa (4/10/2016), berikut delapan cara untuk mengisi ulang energi:

1. Buka tirai jendela saat pukul 7 pagi

Mendapatkan sinar matahari, dapat mengirimkan sinyal bangun pada jam internal di dalam otak Anda. Coba berjemur di bawah sinar matahari selama 20 hingga 30 menit. 

2. Mandi air dingin

Akhiri aktivitas mandi Anda dengan mengguyuri tubuh menggunakan air dingin selama dua menit. Hal ini dapat membangkitkan dan memberikan energi pada tubuh Anda yang awalnya masih lesu dan mengantuk, penelitian menunjukkan. Namun jika air terlalu dingin, Anda bisa memulainya terlebih dahulu dengan memercikkan air dingin tersebut pada wajah Anda.

3. Tertawa

Tertawa akan meningkatkan aliran darah Anda dalam waktu sekitar 15 menit, sehingga ini akan membuat Anda kembali bersemangat.

4. Ganti kafein dengan asupan karbohidrat

Untuk energi berkelanjutan, Anda perlu karbohidrat, bukan segelas kopi. “Hanya kalori yang dapat memberikan energi nyata. Anda membutuhkan karbohidrat dan serat untuk mengontrol gula darah, ditambah protein, dan lemak sehat untuk membuat perut tetap kenyang,” ujar seorang ahli gizi, Keri Glassman, R.D.

5. Tonton semua video online tentang kucing

Studi yang dilakukan oleh Indiana University Media School membuktikan bahwa melihat atau mengamati kucing-kucing yang sedang melakukan hal-hal konyol dapat memupuk energi dan membuat emosi menjadi positif.

6. Makan permen karet

Mengunyah permen karet dapat meningkatkan kewaspadaan Anda. Dalam studi, ditemukan bahwa orang yang suka mengunyah permen karet, memiliki reaksi tubuh yang lebih cepat, perhatian yang lebih fokus, dan bahkan suasana hati yang lebih baik. Selain itu, gerakan mengunyah juga dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak.

7. Latihan bernafas

Teknik ritmis ini telah terbukti dapat memanjangkan rentang perhatian Anda dan mempercepat waktu bereaksi. Caranya, duduk di kursi, kencangkan perut Anda, kemudian dorong lagi perut ke arah tulang belakang Anda, hingga memaksa sisa udara di tubuh keluar lewat hidung. Ulangi sebanyak sepuluh kali pernapasan.

8. Mengecat kuku

Menurut penelitian University of Rochester, dengan hanya melihat warna ruby dan warna merah menyala dapat memberikan Anda kecepatan dan kekuatan, walaupun hanya sementara. Anda bisa mencoba mengecat kuku Anda dengan warna merah cherry untuk membantu Anda mendapatkan efek yang sama seperti penelitian tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini