Sukses

Jadikan Madu Cara Alami Melawan Bakteri

Liputan6.com, Jakarta Salah satu jenis madu dari Selandia Baru, madu manuka mungkin dapat mengalahkan bakteri jahat di tubuh, studi baru menemukan. Jika terbukti efektif, maka madu tersebut dapat berpotensi menurunkan risiko infeksi pada orang-orang yang menggunakan perangkat medis seperti kateter.

Madu memang telah digunakan sebagai obat alami dan telah terbukti mengandung efek anti bakteri dan anti inflamasi selama berabad-abad.

Dalam studi baru yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Pathology, peneliti melihat apakah madu ini juga bisa mencegah bakteri. Hal ini karena perangkat medis yang dimasukkan ke tubuh seseorang seperti kateter, dapat mengembangkan biofilm, yaitu lapisan bakteri yang dapat menempel pada permukaannya dan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti infeksi saluran kemih.

Untuk menilai potensi madu manuka yang mungkin bisa menurunkan risiko tersebut, para peneliti menguji efeknya pada dua jenis bakteri yang umumnya muncul dari penggunaan kateter, seperti Escherichia coli (E.coli) dan Proteus mirabilis.

Para peneliti kemudian mengencerkan madu ke dalam beberapa tingkat keenceran, dan menguji kemampuannya untuk membasmi penumpukan bateri di sebuah piring plastik dalam laboratorium mereka.

"Madu tersebut dapat menghambat kemampuan bakteri tersebut untuk berkembang menjadi biofilm, bahkan pada tingkat konsentrasi terendah," tulis peneliti, seperti dilasir Time, Rabu (4/10/2016).

Yang menarik, para peneliti tidak menemukan adanya risiko kekebalan bakteri saat individu diberikan madu mengingat bakteri secara alami dapat menjadi resisten terhadap penggunaan antibiotik

Namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah madu dapat bekerja untuk mencegah penumpukan bakteri di dalam tubuh.

Artikel Selanjutnya
Makan Upil Baik untuk Kesehatan Tubuh
Artikel Selanjutnya
Darah Komodo Bisa Jadi Kunci Lawan Resistensi Antibiotik