Sukses

Ragam Buah Ini Bikin Tidur Makin Nyenyak

Tiga buah ini mengandung senyawa yang dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari sepertiga orang dewasa di dunia mengalami insomnia atau gangguan tidur lainnya. Kondisi ini tentunya dapat mengganggu produktivitas dan kesehatan setiap individu, seperti menurun atau membengkaknya berat badan, hipertensi, depresi, dan gangguan kognitif atau sulit konsentrasi. Tak hanya itu, penderita insomnia kronis pun berpotensi rentan terhadap infeksi.

Untuk menanggulangi kondisi ini, selain pengobatan medis, rupanya makanan dapat menjadi pendukung yang baik. Beragam buah berikut ini dapat membantu individu mendapatkan tidur yang semakin nyenyak, seperti dikutip laman Live Strong, Selasa (4/10/2016).

1. Anggur

Journal of the Science of Food and Agriculture mengatakan bahwa buah berdaging lembut ini ternyata mengandung melatonin yang dapat membantu untuk tidur lebih nyenyak.

Menurut U.S. National Institutes of Health, hormon antioksidan ini tampaknya efektif mengobati jet lag, fase tidur yang tertunda, dan insomnia. Jika mengonsumsi jenis buah ini sebelum tidur maka tubuh akan terhindar dari gangguan tidur. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Markisa

2. Markisa

Buah yang segar ini mengandung alkaloid yang disebut sebagai senyawa penenang. U.S. National Institutes of Health mengatakan bahwa secara tradisional markisa digunakan untuk mengobati kecemasan, insomnia, dan kegelisahan.

3. Goji berry

Di Himalaya, buah dengan antioksidan yang tinggi ini digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk gangguan emosi, kecemasan, dan insomnia.

Journal of Complementary and Alternative Medicine telah melakukan penelitian dengan meminta peserta mengonsumsi buah goji dan melaporkan bagaimana kualitas tidur mereka. Peneliti menemukan bahwa individu yang mengonsumsi buah ini mengalami perubahan tidur yang baik, bahkan mereka merasa lebih berenergi saat bangun dari tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini