Sukses

Gambaran Perubahan Payudara dari Waktu ke Waktu

Seiring bertambahnya usia, perubahan bentuk payudara juga terlihat.

Liputan6.com, Jakarta Perubahan fisik pada tubuh tak hanya sebatas tinggi atau keriput di wajah. Seiring bertambahnya usia, perubahan bentuk payudara juga terlihat.

Dokter spesialis obgyn di New York, Rebecca Brightman memberikan gambaran utuh bagaimana payudara wanita bisa berubah sejak tumbuh hingga kendur di usia lanjut. Berikut ulasannya, seperti dilansir Cosmopolitan, Selasa (4/102916).

Pubertas

Bagi kebanyakan perempuan, payudara akan mulai terlihat antara usia 8 dan 13 tahun. Tapi menurut Brightman, tidak ada standar khusus karena pertumbuhan payudara setiap orang bisa bervariasi.

"Hal pertama yang mungkin Anda perlu tahu adalah areola menjadi lebih besar. Bila ini terjadi, Anda mungkin telah beranjak dewasa, selamat datang!" ujar Brightman.

Pasca pubertas

Payudara kita tumbuh dan berkembang selama masa pubertas, tetapi antara usia 18 dan 20, payudara biasanya berhenti tumbuh.

Tapi ini tidak berarti bahwa ukuran payudara Anda pada usia 18 tidak akan berubah. Sebab perubahan hormon, penurunan berat badan, dan kenaikan berat badan akan mempengaruhi ukuran payudara Anda. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saat hamil

Saat hamil

Jika Anda hamil, payudara tak hanya membesar tapi juga cenderung menjadi lebih padat. Ini karena payudara terdiri dari banyak jaringan fibrosa dari jaringan lemak. Genetika juga mempengaruhi komposisi payudara juga. Jadi jika ibu dan nenek Anda memiliki payudara sangat padat, Anda mungkin juga mengalaminya.

"Pada umumnya, payudara wanita hamil menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan, sangat padat, dan terlihat sangat berlemak. Sebagian besar perubahan ini terjadi pada awal kehamilan-- selama trimester pertama. Areola dan puting juga mungkin agak menggelap tapi ini biasanya hilang setelah melahirkan.

Jika Menyusui

Penting untuk diketahui, kata Brightman, ukuran payudara tidak mempengaruhi kemampuan Anda dalam menyusui. Jadi apakah ukuran payudara Anda kecil pun, Anda masih bisa menyusui.

Jika Tidak Menyusui

Jika Anda memilih untuk tidak menyusui karena beberapa alasan setelah melahirkan, ada beberapa hal yang mungkin terjadi pada payudara Anda. Beberapa orang menemukan bahwa payudara mereka kembali ke ukuran yang sama persis seperti sebelum kehamilan.

Namun Brightman mengatakan, payudara mereka justru tidak sama. Terlihat kurang padat, berlemak dan ada yang mengecil serta membesar dibandingkan sebelum kehamilan. 

 

3 dari 3 halaman

Pra-menopause

Pra-menopause

Terlepas apakah Anda hamil atau menyusui, payudara akan semakin melorot pada usia 40 tahun. 

Menurut Brightman ada beberapa hal yang terjadi. Pertama, gravitasi adalah kekuatan ilmiah yang sangat nyata. Hal ini pula mempengaruhi payudara semakin kendur.

Kedua, kulit telah kehilangan elastisitas karena usia sehingga dengan efek gabungan gravitasi, maka payudara Anda akan semakin turun.

Ketiga, payudara semakin berlemak. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh gaya hidup.

"Orang-orang di usia 40-an kerap merasa nyeri payudara. Biasanya mereka mengalami kista payudara, yang sangat jinak, tetapi menyebabkan nyeri yang ekstrem. Hal ini bisa disebabkan oleh estrogen yang tinggi sebelum menopause," ujar Brightman.

Pasca menopause

Kabar baik bagi wanita menopause. Brightman mengatakan, karena kadar estrogen yang rendah, wanita yang memasuki usia 50-an dan 60-an, tidak lagi mengalami nyeri payudara. Beberapa wanita bahkan benar-benar melihat peningkatan ukuran payudara setelah menopause.

"Ini sangat aneh memang. Tapi aku sudah praktik selama 26 tahun, dan mereka yang masuk usia 50-an dan 60-an, mengatakan payudaranya jauh lebih besar," katanya.

Laman New York Times pernah menulis mengenai hal ini. Perubahan payudara setelah menopause bisa dipengaruhi oleh berat badan, retensi air, dan perubahan dalam kadar hormon.

Meski ukuran payudara membesar, setelah menopause, payudara cenderung kurang padat sehingga benar-benar terlihat turun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini