Sukses

10 Tips Tingkatkan Kecerdasan

Anda bisa meningkatkan kemampuan otak, dengan menambahkan beberapa kegiatan ke dalam rutinitas Anda.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang mungkin mencari cara agar bisa cerdas secepat mungkin. Untuk meningkatkan kemampuan otak, Anda bisa menambahkan beberapa kegiatan ke dalam rutinitas Anda.

Tips di bawah ini, diberikan oleh profesor klinis neurologi di George Washington Hospital University School of Medicine and Health Sciences, Dr. Richard Restak, yang telah menulis buku berjudul 'Think Smart: A Neuroscientist’s Prescription for Improving Your Brain’s Performance'.

Dilansir dari Everydayhealth, Senin (3/10/2016), berikut adalah sepuluh tips dari Restak untuk meningkatkan kemampuan otak Anda setiap hari:

1. Video gim

Video gim action ternyata dapat meningkatkan koordinasi mata-tangan, meningkatkan keterampilan visualisasi spesial, dan meningkatkan sejumlah hal yang dapat Anda lihat secara bersamaan.

2. Perkuat memori

Memori adalah hal yang paling penting untuk kita semua. Menguatkan memori merupakan komponen penting untuk mengurangi kemungkinan terkena penyakit Alzheimer.

3. Pelajari kata baru setiap hari

Mempelajari kata-kata baru, tidak hanya memperkaya pemahaman kita tentang dunia, namun juga meningkatkan pusat-pusat bahasa di otak dan lobus prefontal, di mana fungsi penilaian serta fungsi eksekutif di mediasi.

4. Terlibat dalam latihan mengeja

Mengeja kalimat atau kata, memaksa Anda secara mental untuk “melihat” kata, sebelum melafalkannya atau menuliskannya. Latihan beberapa kalimat dengan cara mengejanya, berhubungan dengan area bahasa dan sirkuit otak.

5. Hindari stres 

Otak yang sehat, membutuhkan tubuh yang segar. Untuk itu jangan stres, cobalah untuk berolahraga setiap hari agar efek stres bisa berkurang.

Namun Anda memang harus memilih latihan yang disukai, sehingga Anda tidak menganggap latihan sebagai tugas yang melelahkan.

Bahkan hanya berjalan empat mil per minggu, juga dapat mengurangi kesempatan Anda mengembangkan penyakit demensia di kemudian hari, sebanyak 50 persen.

7. Ambil 20 menit tidur siang

Tidur siang akan menghasilkan peningkatan keterampilan memori, seperti halnya saat tidur malam.

8. Memecahkan teka-teki

Bagian otak yang berbeda, akan berlatih tergantung jenis teka-teki apa yang Anda pilih. Teka-teki silang menantang daerah bahasa dan memori, sementara teka-teki jigsaw memberikan latihan untuk lobus parietal.

9. Bekerja dengan tangan

Beberapa orang seperti musisi dan ahli bedah, terampil dalam mengontrol jari jemarinya. Sehingga, setiap kali Anda melakukan suatu kegiatan yang membutuhkan ketangkasan jari, maka Anda juga meningkatkan kemampuan otak. Aktivitas seperti merajut atau membangun model mainan berbentuk kapal atau kereta bisa Anda lakukan, namun bermain alat musik lebih baik.

10. Lebih perhatikan pengalaman sensorik

Memori yang kurang kuat, berhubungan dengan kegagalan otak untuk mencatat apa yang terjadi selama pengalaman tersebut berlangsung.

Coba latihan mengasah indera Anda dengan mengidentifikasi nama semua bumbu atau rempah-rempah, dan esensi dari segala sesuatu yang Anda makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini