Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

7 Manfaat Ciuman Bagi Kesehatan

Begitu banyak hal yang dirasa saat berciuman.

Liputan6.com, Jakarta Begitu banyak hal yang dirasa saat berciuman di antaranya manis, penuh kasih, canggung, mengecewakan, membosankan, dan bisa mengubah kehidupan. Selain itu, ciuman pun bisa menjadi latihan mikro jantung sehat, pemberi kebebasan hormon dan pendorong suasana hati.

"Berciuman itu ada di ruang jiwa sampai ke inti dari hati dan jiwa, karena itu cara indah untuk mengekspresikan dan menerima cinta serta kasih sayang. Ciuman dapat menjaga kesehatan," ungkap Andrea Demirjian, penulis 'Kissing: Everything You Ever Wanted to Know about One of Life's Sweetest'.

Dikabarkan CNN, Senin (3/10/2016), ada beberapa manfaat ciuman bagi kesehatan.

1. Membantu mengurangi tekanan darah

Bermesraan tidak hanya baik untuk jantung dan emosional Anda saja, tapi juga memberikan latihan pada anatomi. "Ciuman penuh gairah dapat memutar detak jantung Anda dengan cara yang sehat, juga menurunkan tekanan darah," kata Demirjian.

"Ini melebarkan pembuluh darah yang mengalir dengan baik, dan cara membuat kuat semua organ vital Anda," lanjutnya.

2. Kurangi kram, dan sakit kepala

Kala kram menstruasi, atau sakit kepala datang, mungkin Anda cenderung untuk meringkuk di atas tempat tidur menahan sakit. Tapi pelebaran pembuluh darah yang disebabkan oleh ciuman panjang dapat membantu meringankan rasa tersebut.

Bahkan Demirjian menganjurkan untuk mengubah kalimat, "Tidak malam ini sayang, saya sedang sakit kepala," menjadi "Sayang, aku sakit kepala, ayo cium aku."

3. Perkelahian rongga

Dengan berciuman, semua cairan mengalir, termasuk air liur Anda. "Ketika berciuman, Anda mensekresi lebih air liur dalam mulut. Itu mekanisme yang membersihkan plak pada gigi mengarah ke rongga," terang Demirjian.

4. Meningkatkan hormon bahagia

Jika Anda merasa stres atau tak bersemangat, ciuman kecil atau bercinta benar-benar obat mujarab yang dibutuhkan untuk merasa lebih baik.

"Ini akan membuat santai, memulihkan dan merevitalisasi. Bahan kimia bagus di otak karena meresap ke serotonin, dopamin, dan oksitosin, hal yang Adan dapatkan dari sekedar olahraga."

5. Bakar kalori

Ciuman yang kuat bisa membakar delapan hingga 16 kalori per ciuman. Karena ini seperti olahraga yang berat.

6. Meningkatkan harga diri

Salah satu penelitian di Jerman menemukan bahwa pria yang mendapat ciuman berair dari pasangan sebelum berangkat kerja membuatnya memiliki banyak uang.

"Jika dia meninggalkan rumahnya dalam kondisi bahagia, dia akan lebih produktif di tempat kerja karena dia tidak merasa emosinya tertekan," tambah Demirjian.

Demirjian melanjutkan "Ciuman memiliki banyak hal yang berkaitan dengan harga diri, dan perasaan dicintai."

7. Operasi plastik

Ciuman dapat membentuk leher dan rahang, menjadi lebih bagus, karena mulut Anda memiliki sejumlah otot-otot wajah. Ketika terlibat dalam ciuman, Anda dapat mengencangkannya. Usai melakukannya pasangan Anda berubah seperti habis operasi plastik.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.