Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Lanjutkan Stop Disini

NASA Diminta Kirim Kondom ke Luar Angkasa, Untuk Apa?

Liputan6.com, Jakarta Badan luar angkasa Amerika Serikat (NASA) tentu memiliki misi khusus jika ke luar angkasa. Namun, sebuah Asosiasi Swedia untuk Pendidikan Seksual (RFSU) meminta NASA mengirimkan kondom ke luar angkasa. Untuk alienkah?

Bukan! Tentu saja kondom tersebut bukan untuk alien atau karena mereka takut alien akan ke bumi dan berhubungan seksual tanpa kondom dengan manusia. Mengirim kondom ke luar angkasa agar orang lebih sadar dalam penggunaan kondom.

Emma Günther dari RFSU kepada situs Vice mengatakan mengirimkan kondom ke luar angkasa karena berpikir NASA bisa mengubah kebiasaan orang yang enggan memakai kondom saat berhubungan intim berisiko, dilansir laman Vice, Jumat (30/9/2016).

Sebanyak 6.000 orang di seluruh dunia terinfeksi HIV setiap harinya. Padahal, penyakit AIDS membunuh lebih dari satu juta orang setiap tahunnya. Dan pada 2016, ada 225 juta orang yang masih tak memiliki akses dalam penggunaan kondom.

"Kami ingin fokus pada kontrasepsi. Terutama kondom, karena mereka (kondom) sangat penting dalam memerangi kemiskinan, dan mereka memungkinkan orang membuat keputusan sendiri atas tubuh mereka dalam reproduksi," kata Emma.

Lantas, mengapa mendekati NASA?

"Kami melihat salah satu cara yang paling efektif mengomunikasikan hal penting adalah dengan menggunakan humor dan mengagetkan orang. Jika NASA yang mengirim kondom ke luar angkasa, semua orang akan lebih sering membicarakan kontrasepsi. Kami berpikir seperti itu. Itulah yang kami inginkan. Kontrasepsi diprioritaskan," kata Emma.

Menurutnya, mencari perhatian dengan mencapai luar angkasa akan mendapat perhatian dunia.

Sayangnya, RFSU belum membicarakan langsung rencananya ke pihak NASA. Mereka baru menuliskan surat terbuka kepada NASA pada Hari Kontrasepsi Dunia. "Semoga mereka menerima pesannya," kata Emma.

Apakah Anda percaya dengan alien? "Saya mempercayainya. Saya tidak tahu terlihat seperti apa. Tapi saya akan senang jika mereka mendapat kondomnya," ujarnya.

Dalam video kampanye yang aneh menceritakan penemuan paling penting sepanjang waktu harus tersedia untuk manusia dan makhluk luar angkasa. Pada video itu alien yang digambarkan serupa kartun dengan berbagai bentuk aneh meminta dikirimkan semua jenis kondom karena tak bisa memastikan organ seks alien seperti apa.