Sukses

7 Cara Rahasia Menjaga Kesehatan Ginjal

Ada tujuh cara rahasia untuk menjaga ginjal tetap sehat.

Liputan6.com, Jakarta Tekanan darah tinggi, diabetes atau riwayat keluarga yang mengidap gagal ginjal menempatkan satu dari tiga orang Amerika pada risiko terkena penyakit ginjal. Namun, meski Anda tidak memiliki riwayat penyakit tersebut, sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal yang merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh Anda.

Dilansir Cleveland Clinic, Jumat (30/9/2016), ada tujuh cara rahasia untuk menjaga ginjal tetap sehat seperti berikut ini.

1. Minum cukup air

Menurut nephrologist James Simon, berlawanan dengan kepercayaan banyak orang, tidak ada penelitian yang membuktikan banyak minum air bisa meningkatkan fungsi ginjal. Sehingga, cukupi kebutuhan minum air putih Anda, jangan juga terlalu berlebihan.

2. Makan makanan yang sehat

Ginjal Anda dapat "mengerti" berbagai metode diet. Tapi, Dr. Simon mengatakan bahwa kebanyakan besar masalah ginjal muncul dari kondisi medis lainnya seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Karenanya, ia menyarankan Anda mengikuti kebiasaan makan yang sehat untuk mengontrol berat badan dan tekanan darah.Mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi bisa tetap menjaga ginjal dalam kondisi sehat.

3. Olahraga teratur

Olahraga adalah ide yang baik karena seperti kebiasaan makan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur dapat mencegah darah tinggi dan kenaikan berat badan. Tapi, hati-hati jangan berlebihan olahraga karena ada beberapa olahraga yang tidak cocok dilakukan dalam beberapa kondisi.

Terlalu banyak olahraga saat kondisi badan tidak sehat bisa membebani ginjal terutama jika Anda olahraga terlalu banyak yang bisa menyebabkan kerusakan jaringan otot.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hati-hati menggunakan suplemen dan obat herbal

4. Hati-hati menggunakan suplemen dan obat herbal

Terlalu berlebihan konsumsi suplemen vitamin dan beberapa jenis obat herbal bisa membahayakan ginjal Anda. Cobalah bicarakan dengan dokter Anda terkait vitamin atau herbal yang tepat.

5. Berhenti merokok

Merokok dapat merusak pembuluh darah yang bisa mengurangi aliran darah di ginjal. Saat ginjal tidak memiliki aliran darah yang cukup, mereka tidak dapat berfungsi optimal. Merokok juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi serta risiko kanker ginjal.

6. Jangan minum obat berlebih

Obat-obatan tanpa resep seperti ibuprofen dan naproxen dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Jika Anda memiliki ginjal yang sehat dan minum obat-obatan jenis tersebut dalam waktu singkat, itu tidak menimbulkan risiko.

Tapi, jika Anda mengonsumsinya untuk mengatasi nyeri kronis atau radang sendi, sebaiknya minta dokter untuk mengecek fungsi ginjal atau cari alternatif lain untuk mengatasinya.

7. Rajin memeriksa fungsi ginjal

Jika Anda memiliki penyakit diabetes atau darah tinggi, dokter Anda akan rutin memeriksa fungsi ginjal sebagai cara rutin untuk merawat dan menjaga kesehatan ginjal.

Seringkali, ginjal terpengaruh oleh kondisi medis lainnya. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga ginjal tetap sehat adalah dengan merawat tubuh Anda. Sehingga, Anda pun bisa mengurangi kesempatan atau risiko terkena penyakit ginjal.

Dr. Simon mengatakan, makan sehat, olahraga teratur dan mengontrol berat badan Anda adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Namun, pada intinya ginjal yang sehat seperti tubuh yang sehat.(Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.