Sukses

Ingin Kuit Cerah Alami? Lakukan 5 Tips ini

Siapa yang tidak sebal jika kulit wajah kusam dan gelap? Pasti Anda termasuk di dalamnya. Lalu, bagaimana cara mencerahkan kulit?

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak sebal jika kulit wajah kusam dan gelap? Pasti Anda termasuk di dalamnya. Lalu, bagaimana cara mencerahkan kulit?

Kulit gelap dan kusam dapat disebabkan oleh paparan matahari yang berlebihan, polusi lingkungan, kondisi medis, kulit kering, stres, gaya hidup yang kurang bagus, dan penggunaan berkepanjangan produk kosmetik berbasis kimia.

Banyak orang bekerja keras untuk mencapai kulit yang putih dan sempurna, bahkan produk krim pemutih kulit banyak membanjiri toko kosmetik. Namun terkadang produk tersebut memiliki bahan kimia berbahaya yang pada akhirnya dapat merusak kulit Anda, serta harganya pun bisa terbilang mahal.

Jika Anda ingin menghemat uang, di bawah ini adalah pengobatan alami yang efektif mencerahkan kulit Anda, seperti yang dilansir dari Thehealthsite, Jumat (30/9/2016):

1. Kentang

Parut kentang setelah mengupasnya, kemudian tambahkan air mawar dan aduk hingga berbentuk pasta kental. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes jus lemon atau madu, jika kulit Anda berminyak atau kering.

Oleskan pada wajah Anda selama minimal 15 menit dan kemudian basuh dengan air. Kentang memiliki sifat memutihkan yang ringan dan penggunaan secara teratur, akan mengurangi bintik-bintik hitam dan mencerahkan kulit Anda.

2. Toner tomat

Hancurkan tomat matang dan saring agar bijinya terpisah. Kemudian tambahkan beberapa dadih dan aduk rata, lalu terapkan pada wajah Anda secara merata dan diamkan hingga mengering.

Jika sudah mengering, bilas dengan air hangat dan bersihkan dengan cara menepuk-nepuk wajah menggunakan handuk. Tomat bersifat asam alami dan memiliki vitamin C di dalamnya. Ini akan mencerahkan wajah jika dilakukan secara teratur. 

3. Jus mentimun

Kupas mentimun, parut, kemudian remas hingga jusnya keluar. Campur beberapa gel lidah buaya di dalamnya dan kemudian terapkan ke wajah Anda. Jus mentimun membantu menenangkan kulit dan juga mencerahkannya.

4. Kulit jeruk

Jangan buang kulit jeruk, karena kandungan vitamin C nya yang dapat membantu memutihkan kulit. Caranya, biarkan kulit jeruk mengering kemudian tumbuh hingga menjadi bubuk. Tambahkan air mawar dan madu lalu terapkan ke wajah, diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air.

5. Lemon

Peras lemon dan terapkan jusnya ke wajah Anda, atau bisa juga ditambahkan dengan bahan-bahan alami lainnya seperti gliserin, madu, atau dadih untuk membuatnya tidak begitu asam.

Gunakan ini seminggu sekali untuk melihat hasilnya. Selain itu, pastikan untuk menghindari daerah sekitar mata dan jangan berada di bawah sinar matahari langsung, ketika sedang menggunakannya. Jika sudah dibilas, terapkan pelembab tabir surya yang baik untuk melindungi kulit Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini