Sukses

Meski Menegangkan, Naik Roller Coaster Bisa Sembuhkan Batu Ginjal

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda ingat perasaan menegangkan ketika menaiki wahana roller coaster? Rupanya wahana yang satu ini bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Dalam studi terbaru, roller coaster disebut bukan hanya berguna untuk menghilangkan stres (bagi yang tidak fobia) tapi juga dapat menyembuhkan pasien dengan batu ginjal. 

"Sudah ada bukti dari beberapa pasien bahwa permainan menegangkan ini dapat membantu menghilangkan batu ginjal kecil," jelas seorang profesor urologi di Michigan State University College of Osteopathic Medicine, di East Lansing, Dr. David Wartinger, seperti dilansir WebMD, Kamis (29/9/2016).

Dalam penelitiannya, Wartinger dan timnya melakukan uji coba pada roller coaster Big Thunder Mountain Railroad di Orlando Walt Disney World. Dia kemudian menggunakan printer 3D untuk membuat model silikon yang jelas dari ginjal yang berisi urine, ditambah tiga batu ginjal yang berbeda ukuran. Mereka menempatkan model ginjal dalam tas ransel dan membawanya ketika menaiki wahana roller coaster.

"Naik di roller coaster intensitas sedang bisa menguntungkan beberapa pasien dengan batu ginjal kecil. Dalam percobaan ini, kami menemukan batu ginjal memecah seperti saat pasien menerima terapi seperti lithotripsy (tindakan memecah batu yang ditembakkan dari luar tubuh dengan menggunakan gelombang kejut yang dapat memecahkan batu ginjal menjadi pecahan yang halus, sehingga pecahan tersebut dapat keluar bersama dengan air seni)," kata Wartinger dalam sebuah rilis berita dari The Journal of American Osteopathic Association. yang dipublikasikan pada 26 September.

Meski menaiki roller coaster ini bermanfaat, tak ada salahnya untuk memeriksakan kesehatan Anda terlebih dahulu mengingat permainan ini tidak disarankan untuk Anda yang memiliki penyakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini