Sukses

Inspirasi Anak Belajar Bahasa Asing dari Pen Pineaple Apple Pen

Buatlah konten video belajar bahasa asing yang menyenangkan untuk anak seperti video Pen Pineaple Apple Pen

Liputan6.com, Jakarta Secara konten video, PPAP atau Pen Pineaple Apple Pen belum tentu cocok ditonton dan didengar anak. Tapi bisa menjadi inspirasi para orangtua membuat konten dengan konsep serupa untuk mengajarkan anak memahami dan belajar bahasa asing dengan cara menyenangkan.

Psikolog Klinis dari Tiga Generasi, Tiara Puspita mengatakan musik yang catchy, irama yang bisa bikin anak bergoyang, dan pemilihan warna cerah pada latar sangat memanjakan mata anak. Anak akan betah selama belajar bahasa asing.

"Kita saja yang orang dewasa selalu terngiang sama liriknya padahal baru dua sampai tiga kali mendengarnya. Apalagi kalau lagu belajar bahasa inggris buat anak dibuat seperti itu," kata Tiara saat dihubungi Health Liputan6.com pada Rabu (28/9/2016)

Konsep video seperti itu membuat anak tidak seperti sedang dicekoki pelajaran yang membosankan.

"Pilih warna yang cocok buat anak, gambar yang child friendly, terus musik yang seperti Pen Pineaple Apple Pen dijamin anak akan tertarik menonton dan mendengar lagu tersebut," ujar Tiara menambahkan.

Tiara mengingatkan bahwa lagu PPAP yang dinyanyikan Kazuhiko Kosaka atau DJ Kosaka Daimaou dengan lirik "I have a pen, I have an Apple, Uh! Apple pen...! I have a pen, I have pineapple, Uh! Pineapple pen!" belum tentu pas bila diperdengarkan ke anak.

Namun orangtua harus memahami terlebih dulu arti dari lagu ini. "Saya sendiri nggak paham sama artinya karena hanya pen, pinneaple, apple, pen. Jadi, untuk belajar kurang cocok karena tidak banyak konten edukasinya," ujar Tiara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini