Sukses

Orang Indonesia Jarang Minum Susu, Kenapa?

Susu sangat penting bagi kesehatan lantaran mengandung sejumlah zat yang berfungsi sebagai pemeliharanya.

Liputan6.com, Jakarta Sejak kecil, kita tentunya sering dihimbau oleh orangtua untuk minum susu lantaran kaya akan gizi serta kalsium yang mana penting untuk kesehatan kita hingga usia dewasa. 

Ini membuat susu menjadi minuman terfavorit dan paling populer sepanjang masa. Namun menurut data rating yang dikeluarkan oleh lembaga Nielsen, rata-rata konsumsi susu di Indonesia ternyata hanya 12 liter per kapita per tahun.

Ini jauh lebih rendah dibandingkan rata-rata konsumsi susu di Malaysia yaitu 39 liter, Vietnam 20 liter dan Thailand 17 liter. Fakta tersebut membuktikan bahwa konsumsi susu di Indonesia tercatat sebagai yang paling rendah di wilayah Asia Tenggara.

Tidak bisa dipungkiri bahwa fakta ini sungguh memprihatinkan. Susu merupakan salah satu unsur penting penentu kesehatan manusia. Kandungan zat antioksidan dalam susu berperan kuat sebagai pemelihara ketahanan tubuh khususnya mereka yang tergolong sebagai generasi 'The Yanks' atau individu yang umurnya berada di kisaran 18 hingga 30 tahun. 

“Kelompok usia 'The Yanks' adalah generasi produktif yang selalu berupaya mengejar mimpi dan menjawab tantangan kehidupan. Generasi yang penuh ide dan ambisi dalam mengejar mimpi mereka,” kata psikolog Dra. Retno Dewanti Purba, MpsiT, saat acara peluncuran Frisian Flag Purefarm Coconut Delight, di kawasan Jakarta, ditulis Rabu (28/9/2016).

Retno menegaskan pentingnya mengonsumsi susu, dari muda hingga usia dewasa. Himbauan tersebut secara khusus diperuntukkan mereka yang tergolong dalam kalangan 'The Yanks'. Di usia mereka yang dinilai produktif, tentunya setiap individu harus dimodali dengan energi yang cukup untuk melakukan hal-hal tersebut.

Mengonsumsi susu akan memberikan mereka kekuatan yang mereka butuhkan di fase umur efektif ini. 

“Susu adalah sumber gizi yang sangat baik bagi tubuh yang sering kita lupakan saat beranjak dewasa. Padahal minum susu secara teratur, bisa membuat kita terhindar dari risiko penyakit di hari tua,” ujar Head of Marketing Ready to Drink PT. Frisian Flag Indonesia, Jonathan Setiadi.

Ia menyarankan untuk pemerintah Indonesia kerahkan segala upaya mereka untuk promosikan kembali gaya hidup sehat melalui konsumsi susu yang rutin. Ini sangat penting guna membimbing masyarakat ke arah hidup yang lebih positif dengan mengonsumsi minuman yang terbukti sejak dulu paling mujarab dalam mendorong tingkat produktivitasnya sebagai manusia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini