Sukses

Hindari Konsumsi Roti Tawar Putih dengan Selai

Ahli Gizi Nurul Ratna Manikam menyebut roti tawar putih bukan makanan yang tidak sehat.

Liputan6.com, Jakarta Roti tawar putih bisa menjadi sumber makanan yang menyehatkan selama diolah dengan cara yang benar. Bukan dengan mencampurkan selai beraneka rasa yang tinggi kandungan gula saja.

Ahli Gizi Nurul Ratna Manikam menyebut roti tawar putih bukan makanan yang tidak sehat. Yang akan langsung menimbulkan dampak bagi tubuh apabila dikonsumsi baru satu atau dua helai.

Hanya memang kandungan dari roti tawar putih ini tepung gandum yang kadar seratnya sangat sedikit. Sehingga tidak cocok dikonsumsi oleh pasien diabetes.

"Roti tawar putih bukan tidak sehat. Karena serat yang sedikit, roti tawar cepat menaikkan indeks glikemik," kata Nurul saat dihubungi Health Liputan6.com pada Rabu (28/9/2016).

Nurul lalu menyarankan orang dengan kondisi normal yang mau menyantap roti tawar putih untuk dibuat sandwich. Isian sandwich berupa slada (serat), daging asap, ikan, ayam, atau telur (protein) memiliki efek mengenyangkan lebih lama ketimbang cuma menjadikan roti tawar putih sebagai camilan tanpa isi apa-apa atau selai saja.

"Dan roti tawar putih bisa sebagai pengganti nasi putih. Cocok disantap saat sarapan karena akan mengenyangkan lebih lama. Keinginan untuk mengemil juga rendah," kata Nurul menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini