Sukses

7 Pertanda Tubuh Anda Tak Sehat

tanpa disadari ternyata kebiasaan Anda seperti pola makan ataupun aktivitas lain membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sudah menganggap kebiasaan Anda sehari-hari itu menyehatkan. Tetapi, tanpa disadari ternyata kebiasaan Anda seperti pola makan ataupun aktivitas lain membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda.

Jika kebiasaan tidak sehat tersebut terus dilakukan, penyakit pun akan sering menghampiri tubuh Anda. Tujuh masalah berikut ini menunjukkan bahwa tubuh Anda dalam kondisi tidak sehat:

1. Kulit buruk

Seperti dikutip Cheatsheet, Selasa (27/9/2016), kualitas kulit Anda menunjukkan tingkat kesehatan Anda. Pola makan yang buruk mempengaruhi kualitas kulit Anda. Jika Anda melihat ada noda seperti stretch mark, itu tanda ada sesuatu yang salah pada kesehatan Anda.

2. Masalah tidur

Tidak bisa tidur nyenyak di malam hari? Itu bisa jadi indikasi ada yang salah dalam kebiasaan Anda. Apakah itu makan makanan yang salah, minum terlalu banyak kafein di malam hari atau tidak mengeluarkan energi yang cukup sepanjang hari. Kurang tidur bisa memicu penyakit lainnya.

3. Masalah di kamar mandi

Cobalah untuk melihat warna air kencing Anda. Jika warnanya kuning pekat dan bau menyengat bisa jadi tanda ada masalah dalam tubuh. Selain itu, perhatikan jadwal buang air besar Anda. Jika Anda buang air besar tidak teratur dan keras, itu tanda tubuh kurang serat.

4. Ketergantungan lip balm

Jika Anda ketergantungan memakai lip balm karena bibir terus pecah-pecah, itulah cara tubuh memberitahu ada yang salah dengan kondisi kesehatan Anda. Secara khusus, kondisi bibir merupakan indikator tingkat vitamin Anda. Sehingga, jika bibir pecah-pecah itu tanda kekurangan vitamin. Pastikan Anda mendapat nutrisi yang sesuai kebutuhan, termasuk jika Anda sedang diet.

5. Jari dan kuku tangan berubah warna

Cobalah untuk melihat kondisi jari dan kuku tangan juga kaki Anda. Perhatikan warna kuku juga jari Anda. Warna yang normal adalah kemerahan. Jika kondisinya berubah warna menjadi pucat atau biru, bisa jadi pertanda adanya masalah dalam tubuh. Kuku Anda dapat memberitahu banyak hal tentang kesehatan Anda.

6. Suhu tubuh berubah-ubah

Kaki dingin begitupun dengan tangan, bisa jadi pertanda adanya masalah kardiovaskular. Secara khusus, tangan dan kaki yang dingin bisa berarti Anda mengalami masalah sirkulasi dan tubuh tidak mendapatkan aliran darah yang seharusnya.

7. Pikiran kosong

Kemampuan kognitif dan kesehatan otak terikat erat dengan kondisi fisik Anda. Itu berarti bahwa obesitas dan peningkatan kadar lemak tubuh dapat memiliki dampak yang signifikan pada kemampuan Anda untuk berpikir. Jadi, jika Anda tidak dapat konsentrasi dan fokus, sebaiknya mulai perhatikan berat badan Anda.

(Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.