Sukses

Mudah Depresi? Hindari Makanan Ini

Menurut studi baru, ada makanan tertentu yang berkaitan dengan munculnya rasa depresi.

Liputan6.com, Jakarta Depresi mungkin dapat digambarkan sebagai perasaan sedih, muram, dan merasa tidak bahagia. Ternyata menurut studi baru, ada makanan tertentu yang memicu timbulnya depresi.

Berikut ini tiga makanan yang harus Anda hindari agar terhindar dari depresi, seperti yang dilansir dari Livescience, Selasa (27/9/2016).

1. Padi-padian

Pasta, nasi putih, dan roti bagel adalah makanan yang telah diidentifikasi sebagai makanan inflamasi. Makanan-makanan ini juga terkait dengan rasa depresi pada wanita berusia 50-70 tahun, menurut studi pada Oktober 2013, yang dipublikasikan dalam jurnal Brain, Behavior and Immunity.

Dalam studi itu, peneliti melihat kebiasaan makan yang dilakukan oleh lebih dari 40.000 wanita yang di awal studi tidak memiliki depresi. Namun mereka menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan inflamasi secara teratur, ternyata lebih mungkin menderita depresi di akhir penelitian.

2. Minuman ringan

Studi yang sama dalam jurnal Brain, Behavior and Immunity, menunjukkan, sering mengonsumsi minuman ringan ternyata dapat menyebabkan depresi. Jadi, jika soda merupakan minuman pilihan Anda ketika sedang haus, mungkin sudah saatnya Anda untuk memikirkannya kembali.

3. Junk food

Orang yang mengonsumsi junk food, 51 persen lebih mungkin untuk mengembangkan depresi dibandingkan dengan mereka yang tidak. Ini berdasarkan studi yang dilakukan pada 2012 dalam jurnal Public Health Nutrition.

Namun menurut peneliti, jika Anda hanya mengonsumsi dalam porsi kecil makanan dan minuman di atas, mungkin ini tidak akan menyebabkan Anda depresi. Namun alangkah baiknya jika Anda menghindari atau mengurangi makanan-makanan tersebut.

Pilihlah makanan sehat yang kaya buah dan sayuran, agar tubuh pun menjadi lebih sehat, sambil diimbangi dengan berolahraga. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.