Sukses

5 Makanan yang Bikin Otak Lebih Sehat

Liputan6.com, Jakarta Makanan tinggi antioksidan dan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kesehatan otak dan memori. Demikian yang dikatakan oleh para ahli.

Dari buah hingga ikan, berikut adalah lima makanan yang berdasarkan berbagai penelitian, baik untuk kesehatan otak Anda, seperti dilansir dari Livescience, Selasa (27/9/2016):

1. Kenari

Menurut studi 2009 dalam Journal of Nutrition, menemukan bahwa diet yang juga memasukkan kacang ke dalamnya, dapat memberikan sedikitnya dua persen untuk melawan penuaan otak, termasuk kemampuannya untuk berfungsi dan memproses informasi.

Dan penelitian yang dipresentasikan pada tahun 2010 pada acara International Conference on Alzheimer's Disease, melaporkan bahwa tikus dengan penyakit Alzheimer, menunjukkan peningkatan pembelajaran, memori, dan koordinasi motorik setelah makan kenari.

Kenari memang mengandung jumlah tinggi antioksidan, sehingga beberapa peneliti mengatakan antioksidannya mungkin memerangi kerusakan DNA sel-sel otak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh kita.

2. Wortel

Selain baik untuk mata, ternyata wortel juga baik untuk otak. Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition tahun 2010, menunjukkan bahwa wortel memiliki tingkat senyawa yang disebut dengan luteolin, yang bisa mengurangi defisit memori yang berhubungan dengan usia dan peradangan di otak. Selain wortel, minyak zaitun, paprika, dan seledri juga tinggi luteolinnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buah berry

3. Buah berry

Menurut beberapa studi, menambah beberapa buah beri yang kaya akan vitamin ke dalam diet atau makanan Anda, mungkin bukan suatu ide buruk jika ingin meningkatkan memori otak.

Satu studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2010, menemukan bahwa setelah 12 minggu minum suplemen dari jus buah beri setiap hari, sembilan orang dewasa yang mulai mengalami masalah memori, sedikit menunjukkan tingkat pembelajaran dan memori yang lebih baik, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. Sementara pada kelompok yang diberi asupan blueberry juga menunjukkan berkurangnya depresi.

4. Ikan

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan yang kaya akan omega-3 dapat membantu memperlambat penurunan daya kognitif yang biasanya datang bersamaan dengan bertambahnya usia.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam jurnal Neurology, ikan tinggi vitamin B12 yang juga membantu melindungi otak dari penyakit Alzheimer.

5. Bayam

Penelitian menunjukkan, sayuran berdaun hijau ini sarat dengan vitamin C dan E, yang membantu meningkatkan kemampuan kognitif.

Sebuah studi dalam Journals of Gerontology menunjukkan bahwa tikus yang makannya dilengkapi dengan vitamin E, mengalami peningkatan 500 hingga 900 persen di otak dan jaringan sarafnya, selama periode delapan bulan. Selain itu, mereka juga mengalami peningkatan pelepasan dopamin di otaknya, yaitu zat “kesenangan”yang mengontrol arus informasi ke berbagai bagian otak

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.