Sukses

Salah Diagnosis Buat Pria Ini Hidup di Kursi Roda Selama 43 Tahun

Sejak berusia 13 tahun, seorang pria Portugis, Rufino Borrego didiagnosis Rumah Sakit Lisbon mengalami muscular dystrophy

Liputan6.com, Jakarta Sejak berusia 13 tahun, seorang pria Portugis, Rufino Borrego, didiagnosis Rumah Sakit Lisbon mengalami muscular dystrophy (kelemahan otot). 

Sejak itu pula ia menggunakan kursi roda karena menurut dokter penyakitnya tidak bisa disembuhkan.

Namun pada 2010, ahli saraf menyadari kalau ada yang salah dengan penyakit yang dialami Borrego. Dia menderita penyakit myasthenia, kondisi autoimun kronis yang terjadi karena terputusnya komunikasi antara saraf dan otot.

Selang satu tahun, Borrego akhirnya bisa berjalan untuk pertama kalinya karena diberikan resep obat yang biasanya juga untuk pasien asma.

"Kami pikir ini keajaiban. Di usia 61 tahun, Borrego bisa hidup normal dan hanya membutuhkan dua kali sesi fisioterapi lagi," kata sahabat dan pemilik kafe di Alandroal, Portugal, Manuel Melao, seperti dimuat Dailymail, Selasa (27/9/2016).

Meski ini kesalahan dokter, menurut Borrego, dia tidak akan menuntut rumah sakit lantaran penyakit myasthenia hampir tidak dikenal dalam profesi medis pada 1960-an.

"Aku hanya ingin memanfaatkan hidup saya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini