Sukses

Usia 60, Mel Gibson Ingin Punya Anak Kesembilan

aktor Mel Gibson, memiliki anak banyak sepertinya impian dia sejak lama.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian pasangan, hamil bukan urusan yang mudah. Tapi menurut aktor Mel Gibson, memiliki anak banyak sepertinya impian dia sejak lama. Dia bahkan mengatakan ingin memiliki anak kesembilan.

"Mel Gibson memang sangat suka menjadi seorang ayah," ujar seorang sumber pada People. Namun mengingat usianya 60 tahun, apakah dia bisa memiliki anak?

Menjawab hal tersebut, dokter spesialis kesuburan sekaligus Direktur Medis dari HRC Fertility di Orange County, California, Jane Frederick, gelar M.D. mengatakan hal tersebut bukan tidak mungkin.

"Beberapa pria lebih subur daripada yang lain," katanya, seperti dimuat Womenshealth, Sabtu (24/9/2016).

Ada beberapa faktor yang memungkinkan pria sangat subur, kata Frederick. Beberapa di antaranya karena mereka memiliki berat badan yang sehat, mengonsumsi makanan bergizi, menjauhkan diri dari rokok dan ganja dan membatasi alkohol dan kafein.

"Kebiasaan sehat cenderung membuat pria mampu memproduksi sperma sehat. Dan itu bisa terjadi bahkan ketika mereka cukup tua atau telah menjadi kakek," ujar Juru bicara Pusat Kesuburan Pusat dari Illinois, Allison Rodgers, gelar M.D.

Faktor genetik juga mempengaruhi kesuburan. Jadi sangat memungkinkan kalau Mel memiliki anak meski ia telah berusia enam puluhan.

Namun masalahnya, kebiasaan sehat ini cenderung diabaikan pria. Tak heran menjelang usia 45 tahun, pria tak hanya memiliki masalah kesuburan namun juga obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

"Penyakit kronis dapat mempengaruhi kesuburan karena pengaruh efek samping obat," kata Rodgers.

Pria yang lebih tua juga cenderung mengalami disfungsi seksual, seperti kesulitan mempertahankan ereksi atau ejakulasi dini.  Sebaliknya, orang-orang yang sehat masih dapat memiliki anak-anak ketika mereka berusia seperti Mel Gibson.

"Kesuburan laki-laki tidak menurun pada tingkat yang sama seperti kesuburan wanita. Dengan kesehatan yang baik, kesuburan seorang pria bisa bertahan hingga usia 40, 50 dan 60-an," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.