Sukses

Apa penyebab Timbulnya Jerawat di Punggung dan Dada?

Jerawat tak hanya muncul di wajah, namun juga bisa terjadi dibagian tubuh lainnya, seperti punggung dan dada.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat tak hanya muncul di wajah, tapi bisa juga di bagian tubuh lainnya, seperti punggung dan dada. Namun apa penyebabnya?

Penelitian telah menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang memiliki jerawat di wajah, juga akan menderita di beberapa bagian lain.

Punggung dan dada memiliki kulit yang lebih tebal dan pori-pori lebih besar, hal ini dapat mengakibatkan kasus jerawat yang lebih parah daripada di wajah.

Menurut American Academy of Dermatology, penyebab pastinya hal ini tetap menjadi misteri, namun terlepas dari lokasinya, jerawat terjadi akibat minyak berlebih, pori-pori tersumbat, bakteri, dan peradangan.

Dilansir dari Livestrong, Jumat (30/9/2016), berikut adalah penyebab munculnya jerawat di bagian dada dan punggung Anda:

1. Keringat

Ketika Anda berkeringat setelah berolahraga atau kelelahan, bulir-bulir keringat kemudian bercampur dengan minyak dan racun di permukaan kulit Anda. Jika dibiarkan, pori-pori dapat teriritasi atau tersumbat sehingga menyebabkan jerawat.

Disarankan untuk mandi setelah Anda berkeringat, hal ini untuk membilas keringat berlebih dan racun dari kulit Anda.

2. Pakaian

Pakaian yang ketat atau pas badan. Terutama pakaian yang terbuat dari bahan yang tidak memungkinkan kulit Anda bernapas, dapat mengiritasinya dan menimbulkan jerawat.

Meskipun punggung sulit dicapai, hal ini penting untuk mencuci kulit di bagian tersebut dengan menggunakan sabun ringan , tidak lebih dari dua kali sehari. Kemudian, tepuk-tepuk kulit dengan handuk hingga kering setelah mandi. ingat, jangan menggosoknya, karena ini dapat mengiritasi jerawat lebih lanjut.

Selain itu, lebih baik pakai baju yang lebih longgar dan memiliki kulit untuk bernapas, seperti katun untuk membantu mencegah jerawat muncul di punggung dan dada Anda.

3. Jerawat mechanica

Jerawat mechanica adalah bentuk jerawat yang disebabkan oleh iritasi dan paling sering ditemukan di punggung. Jerawat ini muncul akibat ada sesuatu yang bergesekan dengan kulit berulang kali, seperti ransel atau mesin angkat besi. Selain itu, tali bra juga dapat mengiritasi kulit di dada.

Jerawat ini juga diperparah oleh kelembaban, jadi jika Anda menggabungkan tas ransel dengan baju yang tidak memungkinkan kulit Anda bernapas, jerawat pun akan muncul.

4. Seprei

Seprei dan bahan lainnya yang terus-menerus bersentuhan dengan kulit dapat menyerap minyak dan kotoran, dan itu akan menumpuk dari waktu ke waktu. Ini juga akan menyediakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri.

Jika seprei dan selimut tidak dicuci secara teratur setidaknya sekali per minggu, maka penumpukan yang terjadi dapat menyebabkan jerawat tubuh pada punggung dan dada Anda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.