Sukses

11 Tanda Kanker Payudara yang Sering Tak Diketahui, Waspadalah

Gejala kanker payudara tidak hanya benjolan saja

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan wanita hanya mencari benjolan di payudaranya dan bukan indikator umum lainnya. Ini salah, walaupun benjolan merupakan gejala yang paling diakui dari penyakit kanker, tetapi bukan berarti itu adalah satu-satunya gejala kanker payudara.

The National Cancer Institute memperkirakan bahwa lebih dari 190.000 perempuan akan didiagnosis dengan kanker payudara setiap tahunnya. Bahkan satu dari delapan wanita akan memiliki kanker payudara dalam hidupnya.

Kanker payudara yang tidak teridentifikasi bisa mematikan, namun ketika kanker payudara terdeteksi sejak dini, hal ini disebut “tahap lokal” dan tingkat bertahan hdup lima tahun adalah 100 persen. sehingga menyadari kemungkinan gejala selain benjolan di payudara, bisa menyelamatkan hidup Anda.

Dilansir dari Womansday, Selasa (13/6/2017), berikut ini adalah gejala-gejala lain dari penyakit kanker payudara, selain adanya benjolan:

1. Nyeri atau keluarnya cairan dari puting

Apakah puting Anda agak sakit atau sakit ketika disentuh? Atau apakah mereka mengeluarkan cairan yang bukan ASI?

2. Perubahan tekstur atau pembesaran pori-pori kulit

Beberapa menggambarkan bahwa kulit akibat adanya kanker payudara, memiliki tekstur seperti kulit jeruk.

3. Nyeri yang tidak sembuh-sembuh

Walaupun Anda sudah mengoleskan salep atau antibiotik, apakah sakitnya terus ada?

4. Batuk atau suara serak yang tidak sembuh-sembuh

Apakah batuk Anda tidak ada penyebabnya (tidak berhubungan dengan pilek atau flu) dan terus-menerus ada?

5. Perubahan dalam kandung kemih atau usus

Apakah buang air besar Anda menjadi tidak teratur? Apakah Anda menderita diare atau sembelit tanpa alasan jelas?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6. Kehilangan energi

 

Apakah Anda merasa sangat lemah atau lelah, tidak peduli seberapa banyak waktu tidur yang sudah Anda dapatkan?

7. Perubahan berat badan

Apakah berat Anda bertambah atau berkurang tanpa alasan yang jelas?

8. Benjolan di ketiak

Apakah Anda menemukan benjolan di ketiak Anda dan bukan di payudara? Jaringan payudara memang meluas hingga ke ketiak, sehingga benjolan kanker belum tentu terjadi di payudara saja.

9. Ukuran payudara tidak beraturan

Apakah payudara Anda yang satunya terasa lebih besar dari yang lain?

10. Rasa gatal yang gigih

Rasa gatal yang tidak kunjung pergi, dapat menunjukkan cairan yang menumpuk, fungsi getah bening yang buruk, atau tubuh Anda mencoba membuat pembuluh darah baru untuk tumor payudara.

11. Nyeri punggung di bagian atas

Apakah Anda menderita sakit punggung yang tidak kunjung mereda padahal sudah melakukan peregangan, pengobatan chiropractic, atau bahkan beristirahat?

Kanker payudara dapat menyebabkan sakit punggung ketika tumor tumbuh dan mendorong saraf serta ligamen, atau ketika kanker bermetastasis menjadi kanker tulang.

Jadi, periksa payudara Anda secara teratur, baik beberapa hari setelah haid jika Anda merasa ada seperti benjolan, atau sekitar hari yang sama setiap bulan walaupun Anda tidak merasa memilikinya.

Selama pemeriksaan bulanan, lihat puting dan kulit payudara, lalu pencet dengan lembut payudara Anda dan jaringan di sekitarnya untuk melihat apakah ada cairan atau benjolan.

Sekitar 20 persen kanker payudara, ditemukan dengan pemeriksaan fisik daripada dengan mamografi. Serta jangan lupa untuk memeriksa area disekitar ketiak Anda. Jika merasakan gejala seperti di atas, lebih baik segera buat janji dengan dokter Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.