Sukses

Menguak Bahan Dasar Teraneh Pembuat Roti, Rambut

rambut manusia ternyata merupakan salah satu bahan pembuat roti.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah membayangkan apa yang ada dalam makanan? untuk membuat roti misalnya, tak hanya membutuhkan telur atau tepung terigu. Dalam studi terbaru melaporkan, rambut manusia ternyata merupakan salah satu bahan pembuat roti. 

Seperti dilansir Daillymail, Jumat (30/9/2016), peneliti menemukan bahan Asam amino L-sistein--yang terdapat dalam rambut--ada dalam rak-rak roti komersial. Ini aneh, namun bahan dipercaya membuat roti dapat bertahan lama.

Kemungkinan, rambut ini berasal dari salon-salon rambut di Cina, menurut peneliti.

Tapi tak hanya itu, ilmuwan juga menemukan sederet bahan makanan aneh lainnya. Seperti misalnya kentut (castoreum) berang-berang.

Ya, dalam penelitian sebelumnya memang ditemukan, berang-berang mengeluarkan sekresi castoreum, senyawa yang kebanyakan berasal dari kantung castor berang-berang, terletak di antara pelvis dan pangkal ekor. Uniknya, bau kentut binatang ini tak seperti manusia melainkan menyerupai vanila. 

Aroma vanila inilah yang banyak ditemukan untuk campuran krim, kuning telur dan gula atau kita sering mengenalnya sebagai eskrim vanila.

Selain makanan, ilmuwan juga menemukan bahan aneh untuk kosmetik. Seperti kumbang hancur yang sudah direbus untuk lipstik.

Berikut penemuan aneh lainnya:

- Untuk mencegah pisang terlalu matang, industri menggunakan chitosan dari kulit udang

- Marshmallow dibuat menggunakan Gelatin yang terbuat dari tulang rebus binatang

- Chicken nugget dibuat dari dimetil--yang digunakan untuk membuat silikon implan payudara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini