Sukses

Bahan Alami Ini Bantu Atasi Jerawat Saat Hamil

Banyak wanita mengalami jerawat selama kehamilan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita mengalami jerawat selama kehamilan. Sebenarnya ini hal yang normal mengingat peningkatan hormon yang disebut androgen dapat menyebabkan kelenjar di kulit tumbuh dan menghasilkan lebih banyak sebum--yang membuat kulit jadi lebih berminyak dan menyumbat pori-pori hingga menyebabkan bakteri, peradangan, dan jerawat.

Untungnya, kehamilan dan jerawat biasanya bersifat sementara. Biasanya, kulit akan bersih kembali setelah melahirkan. Namun pengobatan selama kehamilan tidak disarankan karena bisa mempengaruhi janin.

Lantas, bagaimana merawat kulit berjerawat saat hamil? melansir Healthline, ternyata ada bahan-bahan alami yang dapat membantu menghilangkan jerawat, seperti:

 

1. Cuka apel

Rendam bola kapas dengan cuka sari apel. Gunakan cairan ini sebagai toner untuk menyerap minyak. 

2. Baking Soda

Baking soda mampu mengeringkan minyak berlebih pada kulit Anda. Campur 1 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan air. Terapkan pada jerawat. Biarkan hingga kering sebelum mencuci muka.

3. Jeruk

Asam hidroksi alpha dalam buah jeruk seperti lemon dan limau membantu mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori dan meluruhkan sel kulit mati, menurut Mayo Clinic. Sifat zat dan antibakterinya, membuat buah ini efektif sebagai exfoliant (pengangkat sel kulit mati).

Peras lemon atau jeruk nipis dan terapkan langsung ke bagian jerawat. Biarkan selama 10 menit atau sampai kering, lalu bilas dengan air dingin.

4. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik sangat menenangkan pada kulit meradang saat berjerawat. Pertama-tama, Anda bisa bilas wajah dengan air hangat. Oleskan madu langsung ke daerah yang terkena jerawat. Biarkan kulit Anda selama 20 sampai 30 menit. Bilas dengan air hangat.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Ini juga menenangkan pada kulit dan sangat mudah diserap. Anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa murni sebelum tidur.

6. Oatmeal dan Mentimun

Mentimun dan oatmeal menawarkan pendinginan untuk kulit. Untuk perawatan buatan sendiri, coba masker ini. Cukup campurkan kedua bahan ini dan masukkan ke dalam freezer. terapkan pada wajah dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Kemudian bilas.

Untuk menjaga kulit bebas jerawat, Anda tetap harus terhidrasi. Usahakan selalu minum air putih. Hindari minuman bersoda dan terlalu banyak kafein.

Konsumsi makanan bergizi dan perbanyak buah-buahan segar dan sayuran, protein, dan lemak sehat seperti alpukat dan kacang-kacangan. Hindari gula halus dan makanan olahan.

Jangan lupa untuk beristirahat sebanyak mungkin. Stres dan kelelahan saat kehamilan juga bisa memicu jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.