Sukses

7 Alasan Vagina Berdarah Selain Menstruasi

Liputan6.com, Jakarta Sebagai perempuan, perdarahan bukan hal yang aneh karena setiap bulan selalu menstruasi. Tapi tahukah Anda kalau ada alasan lain vagina wanita berdarah?

Pada kondisi dan penyakit tertentu bisa menyebabkan perdarahan di vagina. Awal menstruasi saja wanita sering merasakan sakit, dan tidak nyaman, apalagi kondisi lain.

Beberapa hal berikut ini alasan mengejutkan wanita mengalami perdarahan vagina selain menstruasi, dilansir Boldsky, Jumat (23/9/2016).

1. Kehamilan

Banyak wanita mengalami perdarahan ringan atau bercak selama berminggu-minggu di awal kehamilan.

2. Obat

Obat kuat tertentu seperti pil KB dan pengencer darah dapat menyebabkan perdarahan vagina karena ketidakseimbangan hormon.

3. PMS

Jika Anda menderita penyakit menular seksual atau PMS seperti gonore, klamidia, HPV dan lainnya Anda rentan terhadap perdarahan vagina.

4. Perangkat intrauterin

Jika Anda memiliki intrauterine device (IUD) dimasukan ke dalam vagina sebagai bentuk metode KB non-hormoral, Anda dapat mengalami perdarahan setiap saat. Untuk kasus ini diperlukan intervensi medis.

5. Tiroid

Perdarahan vagina juga bisa terjadi karena kelenjar tiroid kurang aktif, yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Sehingga menyebabkan perdarahan pada bagian intim wanita.

6. Infeksi saluran kemih

Penyebab perdarahan vagina juga bisa karena infeksi saluran kemih (ISK). Jika kandung kemih terinfeksi, Anda dapat melihat darah dalam urin Anda.

7. PCOS

Wanita dengan sindrom ovarium polikistik dapat mengalaminya mulai yang ringan hingga sedang. Perdarahan vagina saat tidak menstruasi disebabkan karena fluktuasi hormon.

Video Populer

Foto Populer