Sukses

Begini Cara Ketahui Normal Tidaknya Penglihatan Bayi

Ada cara untuk mengidentifikasi masalah penglihatan pada anak Anda yang masih bayi

Liputan6.com, Jakarta Mungkin sulit untuk menguji penglihatan seorang anak sebelum usianya sekitar tiga tahun. Namun, ada cara untuk mengidentifikasi gangguan penglihatan pada bayi.

Orangtua biasanya menghabiskan lebih banyak waktu menatap matanya. Jadi, meskipun mereka bukan sarjana kedokteran, sebenarnya orangtua yang bisa menemukan masalah penglihatan pada bayinya.

Kemampuan bayi untuk melacak suatu gerakan dengan matanya, adalah hal pertama yang harus diperhatikan oleh para orangtua. Sejak usianya dua atau tiga bulan, secara normal bayi akan mulai melirik pada suatu objek dan mulai melihat objek yang bergerak.

Orangtua juga dapat memeriksa apakah dua mata bayinya selaras satu sama lain. Namun jika bola matanya terlihat menyimpang satu sama lain, Anda harus segera memberitahu dokter anak.

Selain itu, orangtua juga harus waspada bila ada warna putih dalam pupil mata bayinya, karena hal tersebut bisa menjadi tanda penyakit mata, seperti yang dilansir dari Everydayhealth, Jumat (23/9/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.