Sukses

Minum Kopi Sangat Panas Memicu Kanker?

Benarkah minum kopi bisa memicu kanker?

Liputan6.com, Jakarta The International Agency for Research on Cancer (IARC) menuliskan sebuah studi bahwa tidak ada bukti konklusif dari efek karsinogenik dalam secangkir kopi. Anda penggemar kopi bisa bernapas lega karena kopi kemungkinan besar justru bisa mencegah beberapa jenis kanker.

Namun, The IARC mengatakan, konsumsi minuman yang sangat panas hingga suhu mencapai lebih dari 149 derajat bisa menyebabkan kanker. Menurut laporan IARC ini, cairan panas kemungkinan besar bisa mendorong pertumbuhan tumor.

"Hasil ini menunjukkan bahwa minuman yang sangat panas adalah salah satu kemungkinan penyebab kanker esofagus, dibanding jenis minuman yang dikonsumsi," kata Direktur IARC Christopher Wild kepada Reuters.

Berdasarkan penilaian orang bahwa tidak akan ada yang bisa minum kopi dengan suhu sangat panas, IARC pun lebih lanjut mengatakan bahwa penelitian masih diperlukan dengan melihat kebiasaan buruk lainnya seperti merokok dan minum alkohol berlebihan sebagai penyebab kanker tenggorokan.

Tahun lalu, IARC mengatakan daging adalah karsinogenik, zat pemicu kanker. Tapi jika dimakan dalam porsi sedang tidak berisiko kanker. Dalam kasus minuman yang sangat panas jadi pemicu kanker, IARC menyimpulkan bahwa minuman panas bisa jadi berbahaya tetapi tidak bisa dikatakan seberapa besar risikonya.

(Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini