Sukses

Jangan Percaya Mitos '5 Detik'

Jika Anda tergoda untuk mengonsumsi makanan yang telah jatuh ke lantai, Anda mungkin harus berpikir lagi.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda tergoda untuk mengonsumsi makanan yang telah jatuh ke lantai, Anda mungkin harus berpikir lagi. Karena sebuah studi baru menyangkal "aturan 5 detik," atau gagasan bahwa makanan aman untuk dikonsumsi dari lantai jika Anda cepat mengambilnya kembali, kata para peneliti.

Ternyata, bakteri dari permukaan dapat mentransfer ke makanan dengan sangat cepat, bahkan dalam beberapa kasus bisa kurang dari satu detik. "Aturan 5 detik adalah penyederhanaan yang signifikan dari apa yang sebenarnya terjadi ketika bakteri mentransfer dari permukaan ke makanan", kata rekan penulis studi Donald Schaffner, seorang ahli mikrobiologi dan profesor di Rutgers University di New Jersey, dalam sebuah pernyataan. "Bakteri dapat mencemari makanan dalam waktu singkat".

Dalam studi tersebut, para peneliti memilih empat permukaan yang berbeda yaitu stainless steel, keramik, kayu dan karpet yang terkontaminasi dengan bakteri. Kemudian, para peneliti menjatuhkan makanan pada permukaan, dan membiarkan makanan tersebut dalam waktu tertentu: kurang dari satu detik, 5 detik, 30 detik atau 5 menit.

Para ilmuwan menguji empat jenis makanan: semangka, roti, roti dan mentega, dan permen kenyal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara umum, semakin lama makanan menempel ke permukaan, semakin banyak bakteri dipindahkan ke makanan. Tetapi beberapa kontaminasi bakteri terjadi dalam waktu kurang dari satu detik.

Semangka paling banyak terkontaminasi bakteri, sedangkan permen gummy mengambil sedikit. Tingkat kontaminasi tinggi untuk semangka mungkin karena tingkat kelembaban makanan, kata para peneliti, dilansir laman Livescience, Minggu (25/9/2016).

"Bakteri tidak memiliki kaki. Mereka bergerak dengan kelembaban, dan makanan basah, sehingga semakin tinggi risiko transfer", kata Schaffner.

Dalam hal permukaan, karpet memiliki tingkat rendah transfer bakteri ke makanan, dibandingkan dengan jenis permukaan lainnya, kata para peneliti. Studi ini menunjukkan bahwa, dalam berapa hal banyak bakteri terakumulasi, faktor-faktor lain dapat menjadi sama atau lebih besar daripada jumlah waktu makanan menyentuh permukaan. 

"Risiko penyakit akibat mengkonsumsi makanan yang telah jatuh ke lantai tergantung pada faktor-faktor termasuk prevalensi, konsentrasi dan jenis organisme, sifat makanan (terutama kelembaban), sifat permukaan, serta lamanya waktu makanan kontak dengan permukaan", tulis para peneliti dalam makalah mereka, yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Terapan dan Mikrobiologi Lingkungan.

Sebuah studi 2014 yang juga menguji aturan 5 detik juga menemukan bahwa jumlah waktu makanan kontak dengan permukaan tidak mempengaruhi jumlah bakteri yang ditransfer ke makanan. Namun para peneliti dari studi itu, salah satunya Aston University di Inggris, mencapai kesimpulan yang berbeda. Mereka mengatakan bahwa temuan mereka menyediakan dasar ilmiah untuk aturan 5 detik, karena makanan yang diambil dari lantai setelah beberapa detik kurang terkontaminasi dari makanan yang jatuh untuk waktu yang lebih lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini