Sukses

Ruangan Kantor Bisa Membuat Anda Sakit?

Apakah Anda pernah berpikir bahwa ruangan kantor Anda bisa menimbulkan penyakit?

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah berpikir bahwa ruangan kantor Anda bisa menimbulkan penyakit? 30 pekerja baru di Boston yang bekerja di ruangan lama atau belum pernah direnovasi atau yang baru direnovasi terpapar bahan kimia beracun perfluorinated chemical (PFC) dalam darah mereka.

Penelitian tersebut menunjukkan, pekerja yang bekerja di gedung baru kemungkinan besar memiliki kadar paparan bahan kimia PFC yang tinggi. Bahan kimia berbahaya ini biasanya ditemukan di peralatan masak anti lengket, pembungkus popocorn microwave, dan pembungkus makanan cepat saji.

Penelitian yang lalu bahkan mengatakan bahwa paparan tinggi PFC berkaitan erat dengan attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD) pada anak, infertilitas, masalah tiroid, dan kolesterol tinggi pada dewasa.

Untuk menghindari Anda dari terkena paparan PFC tingkat tinggi di kantor, simak tips berikut ini seperti dilansir Rodale's Organic Life, Senin (26/9/2016).

1. Jaga kebersihan

Tak hanya PFC, bahan kimia flame retardant chemical (PBDE) dan Tris, yang biasanya terdapat dalam beberapa furnitur dan karpet, bersembunyi di partikel debu. Debu ini bisa mengendap di keyboard komputer, makanan dan secara langsung ke tubuh Anda.

Cobalah untuk membersihkan meja dan peralatan kantor Anda seminggu sekali dengan lap basah. Selain itu, cuci tangan sesering mungkin sebelum makan setelah memegang perabotan di meja kantor Anda.

2. Cari udara segar

Menghirup udara segar di luar ruangan penting untuk menghindari diri dari paparan bahan kimia. Selain itu, ruang kantor juga dipenuhi karbondioksida yang berasal dari napas orang di dalam ruangan setiap hari.

Cobalah membuka jendela beberapa saat atau ke luar ruangan selama 15 menit untuk menghirup udara segar. Kadar karbondioksida dalam tubuh Anda bisa kembali normal setelah mendapatkan udara segar.

3. Ganti perabotan kantor

Jika Anda memiliki ruangan sendiri, cobalah untuk mengganti karpet atau peralatan kantor yang bisa dibersihkan dengan kain basah. Karena, bahan kimia memang bisa mengendap di partikel debu yang ada di karpet atau perabotan lain.

4. Tanaman hias

Tak hanya bisa mempercantik ruangan, tanaman hias juga efektif mengurangi paparan kimia dalam ruangan Anda. NASA telah menemukan tanaman tertentu bisa efektif mengurangi formaldehida yang dipancarkan dari furnitur yang terpapar PFC serta polutan lain yang dipaparkan dari peralatan kantor seperti keyboard komputer.

5. Hindari junk food

Ada satu hal yang tak boleh disepelekan, yaitu bawa sendiri makanan Anda. Ini untuk menghindari Anda memesan makanan cepat saji saat bekerja. Bahan kimia berbahaya juga terkandung di dalam makanan cepat saji.

(Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.