Sukses

6 Kesalahan yang Bikin Jerawat Makin Parah

Liputan6.com, Jakarta Jerawat yang menjadi musuh pria dan wanita ini selalu membuat jengkel dan merusak penampilan. Apalagi saat jerawat muncul di titik-titik wajah yang menonjol, seperti hidung, pipi, dan dahi.

Terdapat banyak cara untuk menyingkirkan jerawat di wajah, namun masih banyak individu yang ternyata masih kurang memahami teknik dalam menyingkirkan jerawat. Salah langkah jerawat justru semakin parah.

Lalu apa saja kesalahannya?

Seperti dikutip laman Buslte, ditulis Jumat (23/9/2016) berikut ini enam kesalahan saat mengusir jerawat yang penting untuk diketahui.

1. Terlalu sering cuci muka

Mencuci wajah lebih dari sekali dalam satu hari akan membuat kulit wajah semakin kering. Saat kulit mendadak kering, produksi minyak yang masuk ke pori-pori wajah akan semakin meningkat, bahkan menyumbat pori-pori dan menghasilkan jerawat.

2. Pengelupasan sel kulit mati berlebihan

Teknik ini memang dapat mengangkat seluruh sel kulit mati dan menyehatkan kulit, namun jika dilakukan lebih dari satu kali dalam seminggu akan berimbas buruk.

Terlalu sering melakukan perawatan ini akan menyebabkan bakteri menyebar ke seluruh wajah dan dapat menyebabkan iritasi kulit yang membuat semakin sensitif terhadap jerawat.

1 dari 3 halaman

3. Memencet jerawat

Mungkin Anda tidak sabar dan gemas saat melihat jerawat menempel di wajah, namun jangan sekali-kali untuk memencetnya. Hal ini menyebabkan bakteri cepat tersebar dan memperparah jerawat.

Jika Anda ingin melakukannya, gunakanlah jarum steril dan tusuk jerawat dari arah samping menuju ke atas. Cara ini lebih efektif untuk menghindari bakteri pada jerawat masuk ke pori-pori kulit di sekitar jerawat, yang dapat menyebabkan jerawat tumbuh di area baru.

4. Mencampur beragam produk

Cobalah untuk konsisten menggunakan produk perawatan atau pengobatan jerawat yang tidak beragam. Terlalu banyak produk justru menyebabkan kulit semakin kering dan menumpuknya zat yang membuat kulit semakin bermasalah.

2 dari 3 halaman

5. Gunakan tabir surya

Saat kulit wajah sedang berjerawat, usahakan untuk menggunakan tabir surya di seluruh permukaan kulit wajah agar kulit tetap terhidrasi dan bebas minyak. Sebab SPF pada tabir surya mengandung bahan yang membuat kulit kuat terhadap paparan sinar matahari, yang menjadi salah satu penyebab jerawat, khususnya pada kulit sensitif.

6. Produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit

Tidak semua kulit memiliki tipe yang sama dan hal ini menjadi salah satu penyebab jerawat semakin parah. Perhatikan kandungan dalam produk pengusir jerawat sebelum Anda menggunakannya.

Video Populer

Foto Populer