Sukses

1 dari 5 Bos Anda Mungkin Psikopat

Liputan6.com, San Diego Kira-kira seperlima bos Anda di perusahaan profesional memiliki ciri-ciri psikopat. Setidaknya begitu menurut sebuah studi terbaru di Amerika.

Seperti dilansir Dailymail, Sabtu (24/9/2016), "Psikopat yang Sukses" ini semakin umum dalam beberapa dekade terakhir. Mereka tidak memiliki empati atau penyesalan, dan sering melakukan taktik yang tidak etis dan ilegal untuk maju dan sukses.

Dalam studi baru, tim dari Bond University di Australia dan University of San Diego, Amerika meneliti prevalensi ciri-ciri psikopat di sektor bisnis. Temuan ini dipresentasikan di Australia Psychological Society Congress di Melbourne.

Sebuah studi dari 261 profesional di perusahaan industri manajemen mengungkapkan bahwa 21 persen bos secara signifikan memiliki ciri-ciri psikopat. "Dibandingkan dengan sekitar satu dari 100 orang dari populasi umum, satu dari lima orang tahanan penjara memiliki sifat-sifat ini."

Studi lainnya juga menemukan, psikopat yang sukses ini menjamur menyusul krisis keuangan global tahun 2008.

Para peneliti mengatakan studi ini menyoroti kebutuhan bagi perusahaan untuk melakukan proses screening psikologis untuk mengidentifikasi sifat-sifat ini.

"Sudah menjadi kebiasaan bahwa perusahaan melihat keterampilan, baru kemudian mempertimbangkan fitur kepribadian", kata Nathan Brooks, seorang psikolog forensik di Universitas Bond.

Seharusnya, karakter lebih dulu dijadikan penilaian pertama bagi setiap kandidat dan kemudian jika mereka lulus uji karakter, baru mempertimbangkan apakah mereka memiliki keterampilan yang tepat.

Para peneliti menunjukkan psikopat sukses ini sering mengambil pemikiran dan kesimpulan yang dangkal yang justru akan membahayakan karyawannya. Selain itu, mereka kurang memiliki rasa empati atau penyesalan, dan bahkan mungkin dapat memanipulasi orang di sekitar mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Psikopat dikenal kepribadian anti-sosial, merupakan gangguan kepribadian yang ditandai kurangnya empati dan kebiasaan melanggar peraturan.

    Psikopat