Sukses

7 Makanan Ini Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

Tidak hanya wanita, pria pun ternyata kesal memiliki rambut rontok karena bisa mempengaruhi

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya wanita, pria pun ternyata kesal memiliki rambut rontok karena bisa mempengaruhi penampilan mereka. Rambut rontok bisa disebabkan oleh adanya gangguan autoimun, diabetes, kekurangan vitamin, stres dan kurang tidur.

Jika dibiarkan, rambut rontok bisa membuat kepala menjadi botak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa mengatasi rambut rontok.

1. Ikan salmon

Rambut adalah serat protein, sama seperti kuku. Artinya, Anda perlu mengonsumsi banyak protein untuk menumbuhkan jaringan baru dan tetap mempertahankan yang kuat. Protein juga bisa membantu memproduksi keratin, struktur komponen terpenting dari rambut.

Pilihan terbaik makanan yang mengandung protein adalah ikan salmon yang kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin.

2. Madu

Madu dapat memperbaiki rambut yang mulai menipis. Dalam sebuah studi pasien yang mengalami dermatitis seboroik, yang meliputi gatal, ketombe dan rambut rontok, mereka yang menerapkan madu 90 persen dan 10 persen air ke kulit kepala setiap hari dan selama 4 minggu, dilaporkan mengalami peningkatan dalam mengatasi rambut rontok.

3. Kacang dan biji-bijian

Asam lemak omega 3 yang terdapat di kacang-kacangan dan biji-bijian bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok, berdasarkan penelitian Journal of Cosmetic Dermatology pada 2005 lalu. Cobalah makan kacang-kacangan dan biji-bijian tinggi omega 3 dan omega 6 seperti kenari, biji rami, dan minyak dari biji anggur, bunga matahari atau wijen.

4. Bayam

Sebuah studi menemukan wanita yang mengalami kerontokan rambut memiliki zat besi dan kadar vitamin D2 yang rendah.

Mengonsumsi bayam sangat baik untuk mengatasi kerontokan karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan kaya vitamin C, yang membantu penyerapan zat besi.

5. Tiram

Seng merupakan nutrisi terbaik untuk mencegah dan mengobati kerontokan rambut. Suplemen seng dan konsumsi makanan kaya seng dapat memperlambat kerontokan rambut.

Menurut National Institutes of Health, tiram mengandung lebih banyak seng dibanding makanan lain. Selain tiram, sumber makanan yang mengandung seng yakni kenari, bayam, telur, biji bunga matahari, kacang hijau, gandum, oatmeal dan buncis.

6. Minyak

Labu, rosemary dan minyak kelapa bertindak sebagai nektar untuk kulit kepala. Saat menggunakannya sebelum keramas ataupun setelah keramas.

Minyak kelapa terbukti dapat melindungi rambut yang kehilangan protein. Sedangkan minyak rosemary terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi gatal di kulit kepala.

7. Rumput laut

Penelitian terbaru menemukan bahwa suplemen yang mengandung cistanche tubulosa dan laminaria japonica (rumput laut cokelat) digunakan untuk menumbuhkan rambut yang mengalami kerontokan. Mereka yang telah mencoba menggunakan rumput laut mengalami peningkatan dalam volume dan penebalan rambut. Suplemen rumput laut juga efektif mengobati peradangan kulit kepala dan ketombe.

(Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Rambut rontok dalam dunia medis disebut sebagai alopesia. Kerontokan merupakan kondisi umum yang memang terjadi pada semua orang.

    Rambut Rontok

  • Pria