Sukses

4 Hal Tentang Lidah, Ungkapkan Kondisi Kesehatan Anda

Liputan6.com, Jakarta Setiap hari lidah menerima beragam rasa makanan yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Namun ternyata fungsi lidah bukan sebatas indera perasa, melainkan lidah juga bagian tubuh yang dapat menunjukkan kondisi kesehatan tubuh. Percaya?

Mengutip Share Care, ditulis Jumat (23/9/2016), David Opperman, MD, seorang otolaryngologis di Presbyterian/St. Luke's Medical Center, Colorado, mengatakan, "Mulut, khususnya lidah adalah jendela kesehatan tubuh Anda."

Berikut empat hal tentang lidah yang dapat mengungkapkan kondisi kesehatan tubuh manusia.

1. Sariawan pada remaja

Remaja yang sering sariawan, khususnya di usia 10 hingga 20 tahun menandakan dirinya sedang dilanda makanan asam, stres, dan perubahan hormon.

Jika sariawan di lidah terjadi selama enam hingga sepuluh hari segera hindari makanan pedas, jaga kebersihan mulut, dan gunakan obat kumur.

1 dari 4 halaman

2. Langit lidah panas disertai keringat malam hari

Khususnya wanita yang merasakan panas di langit-langit lidah disertai dengan keringat yang banyak di malam hari, hal ini menandakan wanita telah memasuki menopause glossitis.

Kadar estrogen yang rendah selama menopause dapat mengubah ujung saraf di lidah yang berdampak pada produksi air liur. Sehingga perubahan tersebut menyebabkan rasa lidah panas atau seperti terbakar.

Meski kondisi ini berlangsung sementara namun Opperman menyarankan untuk melakukan terapi hormon.

2 dari 4 halaman

3. Warna lidah menggelap

Percaya atau tidak, permukaan lidah dapat berubah warna menjadi lebih gelap bahkan struktur lidah terasa lebih tebal menandakan adanya gangguan pada kesehatan mulut.

Hal tersebut terjadi ketika keratin dan protein yang sama menumpuk di lidah, di mana salah satu penyebabnya akibat kebersihan mulut yang buruk, merokok, dan efek samping dari penggunaan antibiotik.

"Menyikat lidah biasanya dapat membantu menyingkirkan kondisi ini," saran Opperman.

3 dari 4 halaman

4. Lidah membengkak

Kondisi lidah membengkak menandakan tubuh kekurangan vitamin B12, yang membuat lidah terasa sakit, membengkak, dan memerah.

Selain lidah bengkak, rendahnya tingkat B12 dapat menyebabkan anemia yang membuat tubuh mudah lelah, kulit pucat, dada sering sakit, dan pingsan. Opperman menyarankan untuk segera mengonsumsi produk hewani seperti daging sapi, susu dan keju.

Video Populer

Foto Populer