Sukses

Triclosan pada Pasta Gigi, Aman atau Berbahaya?

Liputan6.com, Jakarta Food and Drug Administration (FDA) telah melarang penggunaan bahan kimia antibakteri seperti triclosan pada sabun. Namun, ada satu produk yang masih tetap menggunakan bahan tersebut, yakni pasta gigi.

Hal ini karena salah satu perusahaan pasta gigi terlaris di Amerika telah meyakinkan FDA bahwa triclosan pada pasta gigi memiliki manfaat yang lebih besar dibanding risiko kesehatannya. Lalu, apa manfaatnya?

Juru bicara FDA, Andrea Fischer, mengatakan pasta gigi yang mengandung triclosan telah "terbukti" efektif mengurangi plak dan radang gusi. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa pasta gigi dengan triclosan lebih efektif mengurangi plak dan radang gusi dibanding yang tidak memiliki triclosan.

Namun, jika Anda khawatir akan bahan kimia yang terkandung dalam pasta gigi masuk ke dalam tubuh Anda, di mana bahan kimia bisa cepat diserap ke dalam aliran darah, pilihlah pasta gigi yang bebas triclosan.

Cobalah untuk memilih pasta gigi dengan fluoride stannous sebagai pengganti triclosan jika Anda menginginkan pasta gigi yang mampu membersihkan plak. Fluoride stannous merupakan mikroba lain yang membantu membangun kembali enamel gigi.

(Aluna Swara)

Video Populer

Foto Populer