Sukses

Penanganan Kilat Saat Mata Tepercik Bahan Kimia

Cara paling tepat mengatasi cedera mata pada kasus tepercik bahan kimia dan kasus mata bengkak.

Liputan6.com, Jakarta Masih banyak individu yang belum paham bagaimana menangani cedera mata akibat tepercik bahan kimia. Bahkan sebagian besar individu sering spontan mengucek, mengedipkan, atau mencuci dengan air keran, padahal cara tersebut dapat menyebabkan efek buruk di kemudian hari.

Dr. Lelitasari, Praktisi Keamanan dan Keselamatan 4Life, mengatakan, "Jangan secara langsung mengucek mata yang terkena benda asing."

Berikut cara paling tepat mengatasi cedera mata pada kasus tepercik bahan kimia dan kasus mata bengkak, ditulis Minggu (25/9/2016).

Kasus tepercik bahan kimia

1. Tahan mata yang terpapar bahan kimia dan biarkan mata terbuka. Gunakan sarung tangan untuk perlindungan dan menghindari bakteri atau kuman di tangan masuk ke dalam mata.

2. Dudukkan korban dan bilas mata dengan air mengalir dari pojok dalam mata ke arah luar dengan jarak 10 sentimeter, cara ini dilakukan untuk menghindari mata yang tidak cedera.

3. Tutup kedua mata dengan kasa steril untuk melindungi mata dan mengurangi potensi pergerakan mata yang membahayakan.

Kasus mata bengkak

1. Gunakan kompres dingin pada mata, namun hindari untuk memberikan tekanan.

2. Apabila mata berdarah, gangguan penglihatan, atau mata terlalu sakit segera periksakan ke dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini