Sukses

Dari Avokad hingga Minyak Zaitun, Ini rahasia Kulit Cantik Alami

Liputan6.com, Jakarta Kita semua, khususnya para wanita, pasti menginginkan kulit yang cantik. Pasalnya, sering kali biaya yang dihabiskan untuk merawat atau membeli produk kecantikan kulit melampaui batas normal. Padahal, kulit cantik juga bisa dimulai dari dalam tubuh melalui makanan-makanan sehat yang dikonsumsi setiap harinya. 

Dilansir dari Purelyb, Jumat (23/9/2016), berikut makanan berupa nutrisi baik untuk kulit yang mampu merawatnya dari dalam.

1. Avokad

Avokad secara garis besar baik untuk kulit. Kita semua pasti pernah mendengar bahwa menerapkan avokad langsung pada kulit, seperti dipakai sebagai masker wajah, bagus untuk kulit. Namun memakannya juga memiliki manfaat yang sama, karena avokad mengandung asam lemak yang berfungsi untuk melembabkan sekaligus melembutkan lapisan epidemal dari sel-sel kulit.

Konsumsi setidaknya setengah buah avokad untuk memberikan cukup nutrisi pada kulit Anda. Selain itu minyak avokad selain bisa digunakan untuk memasak, juga baik untuk dioleskan ke kulit.

2. Almond

Kacang ini mengandung vitamin E sebagai penangkal sinar matahari yang panas dan berbahaya bagi kulit. Vitamin ini juga melindungi kolagen dan protein elastin yang mana dapat membuat kulit tampak awet muda dan kencang.

Buat almond sebagai cemilan Anda dan konsumsi sebanyak 20 kacang sehari. Namun jika Anda kurang suka mengonsumsi almond secara langsung, maka Anda bisa menaburi kacang tersebut pada salad Anda.

3. Akar bit

Akar buah bit kaya akan antioksidan dan mineral yang penting untuk membuat kulit terlihat lebih indah. Selain itu, akar buah bit juga dapat menetralisasi darah dan meredakan radang.

Konsumsi jus buah bit setiap hari untuk memberikan nutrisi pada kulit. Namun jika kurang menikmati rasanya, bisa dikombinasikan dengan buah lain yang memiliki rasa manis seperti, apel atau jus nanas.

4. Biji rami

Biji ini mengandung asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk mengurangi flek dan garis-garis halus di kulit. Selain itu lignan yang ditemukan di dalamnya, juga membantu menjaga hormon sehat pada wanita.

Ambil 2 gram atau setengah sendok teh biji rami setiap hari, Anda bisa menaburinya pada oatmeal atau salad. Untuk menyimpannya, pastikan biji rami tersimpan dalam wadah kedap udara dan jauh dari sinar matahari.

5. Minyak zaitun

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun lebih dari 8,4 gram atau dua sendok teh, dikaitkan dengan tanda-tanda 31 persen lebih sedikit mengalami penuaan, jika dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi satu sendok teh minyak ini.

Cukup ambil dua sendok teh sehari dan campurkan pada salad Anda, atau bahkan diminum secara langsung jika Anda suka.