Sukses

3 Hal yang Tak Boleh Dilakukan di Kamar Tidur

Liputan6.com, Jakarta Kamar menjadi tempat persinggahan terakhir setelah seharian beraktivitas. Meski badan lelah, dan ingin cepat merebahkan diri di tempat tidur tetapi kadang mata tak ingin terpejam.

Alhasil, berbagai kegiatan kecil pun dilakukan. Nyatanya, itu bisa menjadi masalah kelak.

Jika ingin tidur malam benar-benar nyenyak, hindarilah hal-hal di bawah ini di tempat tidur, dilansir laman Women's Health, Kamis (22/9/2016).

1. Menonton tayangan ulang

Banyak dari kita yang tertidur saat menonton TV menjadi sebuah ritual malam, layaknya menggosok gigi. Sementara itu, tampak cahaya berkedip-kedip dan degung sitkom membuka jalan ke alam mimpi.

Spesialis tidur, W. Christoper Winter, M.D, mengatakan bahwa cahaya ponsel atau TV sebenarnya dapat merangsang otak dan menurunkan melatonin-hormon yang diperlukan untuk tidur sehat.

Lebih buruk lagi, jika program televisi tersebut menayangkan tentang kekerasan, Anda bisa tidur dengan gelisah. Matikan televisi setidaknya satu jam sebelum tidur.

2. Cek media sosial

Sebagian besar dari kita menjaga telepon agar tak jauh dari jangkauan, begitupun saat tidur. Godaan kuat untuk memeriksa email pekerjaan, pesan teks, atau media sosial lainnya. Tapi itu harus dihindari.

Eric Kezirian, M.D, seorang ahli tidur di University of Southem California mencatat bahwa perangkat elektronik dapat mengganggu kesadaran tubuh malam dan siang sehingga lebih sulit untuk tertidur.

Cahaya biru ini mempengaruhi tingkat hormon yang menginduksi melatonin tidur lebih dari gelombang lain, dan benar-benar mengganggu jam internal seseorang.

3. Makan cokelat

Konsumsi makanan ringan pada larut malam atau sarapan romantis di tempat tidur mungkin tampaknya seperti ide bagus. Tetapi ada banyak konsekuensi potensial. Bahkan jumlah sisa makanan mengundang binatang datang seperti semut, lalat atau kecoa.

Louis N. Sorkin, entomologi forensik dan asisten ilmiah senior di American Museum of Natural History menyetujuinya. "Makanan manis seperti soda, jus buah, cupcakes, dan cookies bisa menarik semut dan lalat, termasuk lalat rumah, lalat botol biru, dan lalat hijau."

Video Populer

Foto Populer