Sukses

Pelukan Ibu Bisa Menurunkan Demam Bayi?

Pelukan bukan berarti menyembuhkan, tapi bisa mengurangi demam bayi.

Liputan6.com, Jakarta Hati ibu mana yang tidak sedih kala mendapati anaknya demam. Aktris Laura Basuki (28) pernah mendapati buah hatinya, Owen (8 bulan) demam. Tapi setelah dipeluk, suhu tubuh buah hatinya turun.

"Saat itu Owen demam sampai 38,5 (derajat Celcius), aku terus sayang-sayang dia, meluk dia. Eh aku cek lagi suhu tubuhnya jadi 37,5 (derajat Celcius)," cerita Laura Basuki di acara "Mamypoko Love Touch" di Jakarta Barat pada Kamis (22/9/2016).

Bincang-bincang Mamypoko Love Touch di Jakarta, 22 September 2016

Ya, pelukan ibu memang bisa menurunkan demam anak.

"Pelukan bukan berarti menyembuhkan, tapi bisa mengurangi demam bayi," kata dokter Titi Lestari Sugito, SpKK

Menurut dokter Titi, lewat pelukan lembut, panas bayi bisa terserap oleh suhu tubuh ibu yang lebih rendah. Sama seperti air panas yang bertemu air dingin, nanti suhunya menjadi hangat.

Selain itu, pelukan ibu di kala bayi demam pun bisa menenangkannya. Seperti kita ketahui pada saat demam bayi merasa tidak nyaman dan gelisah. Namun di kulit terdapat saraf sensorik sehingga sentuhan pada kulit akan memberikan rangsangan secara psikologis. Pelukan ibu membuat si Kecil merasa disayang sehingga lebih merasa aman dan nyaman.

"Tapi tetap harus dicari tahu penyebab anak demam, apakah karena ada infeksi atau lainnya," pesan dokter Titi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini