Sukses

5 Cara Merawat Kaki bagi Diabetesi

Jika Anda penderita diabetes, maka sangat penting untuk menjaga kesehatan kaki.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar dari kita pernah mengalami cedera kaki ringan di beberapa bagian. Tentunya, Anda langsung mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menyembuhkan.

Dan bagi penderita diabetes, maka sangat penting untuk menjaga kesehatan kaki. Jika mengalami luka atau infeksi pada kaki, maka perlu jadi perhatian khusus. 

Pasalnya, kapasitas penyembuhan luka atau infeksi bagi pasien diabetes sangat rendah akibat sirkulasi darah yang buruk. Jika tidak dirawat dengan baik, luka dan infeksi di kaki bisa berubah menjadi gangren, yang merupakan penyakit mematikan lainnya.

Berikut ini beberapa cara merawat kaki bagi pasien diabetes, dilansir laman Boldsky, Kamis (22/9/2016).

Tips 1

Pastikan Anda memeriksa kaki setiap malam sebelum tidur. Jika memiliki luka ringan, callouses, Anda bisa melakukan perawatan segera.

Tips 2

Walau tak bisa membungkuk akibat nyeri tubuh, para diabetesi tetap harus merawat kakinya dengan meminta tolong kepada seseorang untuk memperhatikan kakinya secara teratur.

Tips 3

Anda dapat menggunakan cermin kecil untuk melihat bagian bawah kaki guna memeriksa tanda-tanda lain yang ada.

Tips 4

Jika Anda melihat iritasi ringan atau kemerahan, luka kecil di kaki, Anda harus mengunjungi dokter.

Tips 5

Jika Anda mengalami luka atau luka bakar, segera bersihkan dengan gel antiseptik serta oleskan salep secepatnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.